Bunda, Yuk Ketahui Seperti Apa Posisi Janin Letak Sungsang

posisi janin letak sungsang

Bunda, tentunya Anda sering mendengar istilah kelahiran sungsang. Kelahiran sungsang merupakan masalah kelahiran yang walaupun presentase kasusnya cenderung sedikit  namun tidak jarang membuat para ibu menjadi waswas. Nah, pada artikel ini Anda akan mengetahui tentang penyebab sekaligus jenis-jenis dari posisi janin letak sungsang.

Kebanyakan masyarakat awam berpendapat bahwa posisi janin letak sungsang adalah ketika bagian kepala bayi tidak berada tepat di atas saluran lahir. Dalam kasus normal, pada trimester ketiga menjelang tanggal persalinan, bayi akan dengan sendirinya memutar tubuhnya sedemikian rupa hingga bagian kepalanya tepat berada di atas liang rahim. Bayi akan terus berada di dalam posisi tersebut hingga tiba saatnya ia dilahirkan ke dunia.

Perubahan posisi tersebut tentu saja berlangsung dalam beberapa tahap. Namun dalam kasus bayi sungsang, bayi tidak berhasil memposisikan dirinya dengan benar sehingga mengakibatkan posisi kepala berada di atas sedangkan bagian kaki dan pantatlah yang justru berada di depan saluran lahir.  Baca juga: Bunda, Yuk Ketahui Serba-Serbi Persalinan Prematur

Menurut organisasi APA (American Pregnancy Association), terdapat tiga jenis posisi bayi sungsang, yaitu:

  • Complete Breech: Posisi sungsang ini adalah ketika bagian pantat bayi berada tepat di depan liang rahim dengan kaki bayi dalam keadaan tertekuk lutut dan bagian telapak kaki berada di dekat pantat.
  • Frank Breech: Posisi sungsang kategori Frank Breech adalah ketika posisi pantat bayi berada di atas mulut rahim sedangkan kedua kaki bayi membujur ke atas dengan telapak kaki berada di dekat kepala
  • Footling Breech: Bayi Anda termasuk dalam kategori footling breach ketika satu atau kedua kaki dari bayi berada tepat di atas mulut rahim, dan dengan kata lain saat proses persalinan, kedua kaki bayi Anda akan keluar terlebih dahulu dan disusul dengan anggota bayi tubuh yang lain.

Sebenarnya persalinan bayi sungsang dapat diantisipasi jauh-jauh dengan rutin melakukan pemeriksaan. Jika posisi sungsang bayi terjadi pada minggu ke-32 atau minggu ke-37 dari masa kehamilan, maka amat sangat disarankan untuk melakukan prosedur medis untuk membantu merotasi posisi kepala bayi ke posisi seharusnya. Namun, prosedur tersebut tidak boleh Anda lakukan sendiri, Anda juga tidak diperbolehkan untuk memijatkan perut Anda.

Karena berlawanan dari kepercayaan kuno bahwa hal tersebut dapat membantu mengubah posisi bayi sungsang, memijat perut ibu hamil secara sembarangan dapat mengakibatkan lepasnya plasenta sehingga mengakibatkan pendarahan atau bayi meninggal di dalam kandungan. Pastikan untuk mendiskusikan hal ini dengan tenaga medis dari rumah sakit yang berpengalaman ya, Moms.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai posisi janin letak sungsang. Semoga bermanfaat bagi Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Yuk Ketahui Seperti Apa Posisi Janin Letak Sungsang"