Bunda, Yuk Simak Macam Gerakan Bayi Dalam Kandungan

imgpsh_fullsize (16)

Salah satu momen yang paling membahagiakan dan ditunggu oleh ibu hamil adalah saat dimana ia dapat merasakan gerakan-gerakan dari bayi yang ada di dalam kandungan. Di saat itulah Anda merasa bahwa Anda benar-benar terhubung dengan bayi Anda, dan gerakan-gerakan tersebut bisa dibilang merupakan bentuk komunikasi pertama yang terjalin antara Anda berdua. So sweet kan, Moms? Nah, Anda pastinya merasa penasaran dong dengan kapan serta apa saja gerakan bayi dalam kandungan?

Usia kehamilan dimana ibu hamil dapat merasakan gerakan bayi dalam kandungan cenderung beragam. Akan tetapi yang pasti, gerakan-gerakan bayi tersebut akan mulai terasa saat usia kehamilan menginjak usia 16-25 minggu. Akan tetapi, jika ini adalah kehamilan Anda yang kedua, Anda sudah merasakan gerakan bayi pada saat kehamilan Anda menginjak usia minggu ke-13.

Awalnya, Anda hanya akan merasakan gerakan-gerakan bayi yang samar, bahkan Anda cenderung akan menyangka bahwa gerakan perut tersebut bersumber dari rasa lapar atau adanya gas di usus. Akan tetapi, seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, tendangan-tendangan dari si kecil akan makin terasa dan bayi Anda akan sangat aktif dalam bergerak. Bahkan menurut penelitian, saat usia kehamilan menginjak usia trimester ketiga bayi Anda sudah mulai bergerak sekitar 30 kali setiap jam. Ia juga memiliki jadwal tertentu dimana ia akan bergerak sangat aktif, jadi pastikan Anda benar-benar memperhatikan jadwalnya, ya.

Lalu, apa saja gerakan-gerakan yang umumnya bayi kecil Anda lakukan di dalam rahim?

  • Fase Quickening: Gerakan bayi satu ini umumnya terasa di usia kehamilan minggu ke-16 hingga minggu ke-20. Umumnya bayi akan mulai menendang dan meninju lemah dinding rahim. Tapi tidak semua ibu hamil cukup peka untuk merasakan gerakan-gerakan ini dari si kecil. Dan saat usia kehamilan Anda mulai berada di usia minggu ke-21 sampai minggu ke-24, gerakan dari janin semakin meningkat
  • Cegukan: Ya, tak hanya anak-anak dan orang dewasa saja tapi bayi di dalam kandungan pun bisa mengalami cegukan. Saat ia cegukan, Anda akan merasakan sedikit sentakan di bagian rahim. Umumnya bayi sudah bisa mulai cegukan saat usia kehamilan minggu ke-25 hingga minggu ke-28.
  • Gerakan Berputar: Bayi juga sudah bisa melakukan gerakan berputar-putar di dalam rahim. Anda dapat melihat aktivitasnya tersebut melalui cek USG.

Demikianlah beberapa macam gerakan bayi di dalam kandungan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Yuk Simak Macam Gerakan Bayi Dalam Kandungan"