Cara Menambah Nafsu Makan Pada Saat Hamil Muda

pregnancy_625x350_41448621471

Kehamilan merupakan tahap kehidupan yang didambakan oleh kebanyakan wanita, terutama wanita yang sudah menikah. Hadirnya seorang anak di tengah-tengah keluarga kecil Anda dianggap sebagai salah satu bentuk karunia yang sangat besar dari Yang Maha Esa. Sehingga tidak mengherankan jika para ibu muda berusaha sekuat tenaga untuk menjaga agar kehamilan mereka tetap sehat. Salah satu gejala kehamilan yang akan Anda rasakan selama menginjak trimester pertama kehamilan adalah morning sickness. Rasa mual akibat morning sickness tersebut tentunya sangat mengganggu dan berdampak pada nafsu makan Anda. Yuk, simak cara menambah nafsu makan pada saat hamil muda.
• Makan dengan Jumlah Sedikit
Seringkali rasa mual akibat morning sickness tersebut disebabkan karena Anda mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang besar. Nah, salah satu cara menambah nafsu makan pada saat hamil muda adalah dengan mengurangi resiko munculnya rasa mual tersebut saat makan.

Daripada menyantap makanan dalam jumlah besar sekaligus, coba bagi makanan Anda menjadi beberapa porsi kecil dan makan dengan frekuensi yang lebih sering. Makan sedikit tapi sering jauh lebih baik, karena lambung Anda tidak akan terbebani. Rasa mual pun jadi lebih bisa diminimalisir.
• Hindari Makan Makanan Dengan Rasa dan Aroma Yang Tajam
Menyantap nasi rendang mungkin terdengar menggiurkan saat hamil, tapi bukan pilihan yang bijak Moms. Nasi rendang, atau hidangan dengan bumbu rempah-rempah yang banyak umumnya memiliki aroma dan rasa yang sangat tajam. Padahal, ibu hamil memiliki indera penciuman yang menjadi lebih sensitif. Bau tajam makanan yang biasanya menggugah selera justru akan membuat Anda mual.

Selain itu, makanan dengan rasa yang tajam juga tidak baik untuk lambung. Makanan jenis ini tergolong sangat susah untuk dicerna, akibatnya lambung menghasilkan gas selama proses pencernaan. Nah gas tersebut tak hanya menyebabkan konstipasi tetapi juga dapat membuat morning sickness Anda bertambah parah. Jadi, hindari makanan-makanan beraroma menyengat dan bercita rasa tajam selama hamil ya, Moms.
• Perbanyak Asupan Serat
Untuk memperlancar sistem pencernaan sekaligus menjaga nafsu makan Anda, Bunda wajib memperbanyak konsumsi serat. Serat bisa didapatkan dari berbagai macam buah-buahan dan sayuran segar. Serat juga bisa membantu agar Anda tetap kenyang dalam jangka waktu yang lama. Selain itu dengan mengkonsumsi banyak serat, Anda pun akan terhindar dari resiko konstipasi, yang memang sering muncul di usia awal kehamilan.
Semoga cara menambah nafsu makan pada saat hamil muda di atas dapat membantu Anda menuju masa kehamilan sehat, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Cara Menambah Nafsu Makan Pada Saat Hamil Muda"