Cegah Bayi Lahir Cacat dengan 4 Cara Berikut

No comment 1429 views

Cegah Bayi Lahir Cacat dengan 4 Cara Berikut

Bayi lahir cacat – Anugrah yang paling besar dari tuhan untuk pasangan suami istri adalah memiliki keturunan. Lengkaplah sudah kebahagian orang tua jika memiliki anak yang lahir sehat tanpa cacat suatu apapun. Namun tidak semua orang tua diberi hadiah berupa anak yang lahir sempurna, masih ada saja kasus bayi lahir cacat. Terdapat lebih dari 4.000 jenis cacat lahir, dari mulai yang ringan hingga yang serius, dan mulai dari yang bisa ditangani hingga menjadi penyebab kematian.

Bayi lahir cacat merupakan kelainan struktrur, metabolisme atau fungsi tubuh yang terjadi saat bayi lahir. Perlunya kesadaran dan pengetahuan orang tua dapat mencegah bayi lahir cacat. Berikut adalah tips mencegah bayi lahir cacat yang harus anda perhatikan.

Cara mencegah bayi lahir cacat

1. Konsultasi dan pemeriksaan sebelum hamil
Ada baiknya untuk berkonsultasi kepada dokter sebelum merencanakan kehamilan. Terutama untuk Anda yang mempunyai kondisi kesehatan yang kurang baik. Lakukan pemeriksaan TORCH untuk mencegah virus rubella, toksoplasma, herpes, dan lain – lain.

2. Jaga pola makan
Perbanyak mengonsumsi makan – makanan bergizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Usahakan selalu memakan – makanan yang mengandung vitamin A,B,K, kalsium, magnesium, asam folat, yodium dan lain – lain. Jangan lupa juga untuk mengimbangi dengan perbanyak minum air putih. Hindari minuman beralkohol, jamu dan obat – obatan tanpa resep dokter.

3. Hindari paparan radiasi dan bahan kimia
Paparan radiasi seperti sinar X dan nuklir dapat menyebabkan bayi lahir cacat. Selain itu penggunaan bahan kimia seperti raksa dan merkuri yang terdapat pada cat rambut, make up, cat tembok dan lain – lain dapat mengedap di dalam tubuh sehingga sangat beresiko besar pada janin yang berada dalam kandungan.

4. Hindari stres
Ibu hamil yang mengalami stres menurut penelitan lebih beresiko melahirkan bayi cacat, selain itu stres juga memicu keguguran dan kelahiran bayi prematur. Untuk menghindari stres banyak cara yang dapat dilakukan oleh ibu hamil salah satunya dengan yoga.

Beberapa hal tersebut harus Anda perhatikan jika tidak ingin bayi lahir cacat. Melakukan USG secara rutin juga dapat menghindari resiko kelahiran cacat. Baca juga : Ketahui Sejak Dini Gejala Kanker Pada Anak

author
No Response

Leave a reply "Cegah Bayi Lahir Cacat dengan 4 Cara Berikut"