Eits, Ibu Hamil Jauhi 7 Makanan Pantangan Ini!

alkohol

Makanan Ibu Hamil – Bu, apakah sudah tahu beberapa makanan pantangan saat hamil? Meskipun wanita hamil mengalami ngidam, ada beberapa makanan yang tidak boleh dimakan. Tentu saja makanan tersebut bisa mengancam kesehatan janin dan ibunya. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui  6 makanan yang dilarang dikonsumsi oeh wanita hamil seperti berikut pantangan makanan ibu hamil ini yang dibawakan oleh tim katalogibu.com:

1. Makanan Mentah

Banyaknya tawaran makanan mentah pada berbagai restoran memang menggugah selera. Ya, tampilannya yang menarik serta aroma bumbu yang dituangkan di atasnya sangat mengundang nafsu makan. Namun, makanan mentah ini tidak boleh dimakan oleh ibu hamil, sebab kandungan bakteri di dalamnya dapat membahayakan kesehatan janin dan wanita hamil itu sendiri. Upayakan makanan yang Anda konsumsi selalu memiliki kematangan dalam tingkat yang sempurna, sehingga aman saat disantap.

2. Alkohol

Red wine salah satu minuman beralkohol yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Namun, minuman ini tentu dilarang untuk ibu hamil. Segala jenis alkohol sangat membahayakan kesehatan janin bahkan mengganggu perkembangannya. Sebaiknya, Anda memilih jus buah segar atau air putih saja yang baik untuk janin.

3. Seafood

Siapa sih yang tak suka dengan seafood? Seafood memang baik untuk perkembangan oktak bayi karena banyak mengandung omega-3. Namun, Anda harus mewaspadai beberapa jenis ikan laut yang banyak mengandung merkuri, seperti ikan hiu, king mackerel, kepiting, udang, dan salmon. Merkuri ini dapat membahayakan perkembangan otak janin sehingga meningkatkan risiko gangguan mental. (Baca juga:Makanan Sehat Yang Berguna Untuk Perkembangan Bayi)

4. Kafein

Mungkin Anda salah satu penggemar kopi sehingga rutin dikonsumsi setiap hari. Namun, kandungan kafein di dalam kopi menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah sehingga harus dihindari oleh wanita hamil. Sebaiknya, ibu hamil mengonsumsi jus sayur atau jus buah saja yang terbukti lebih menyehatkan.

5. Pemanis Buatan

Kandungan zat kimia di dalam minuman yang banyak mengandung pemanis ini tentu saja tidak baik untuk perkembangan janin. Memang, wanita hamil tidak boleh terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi gula. Sebab, akan meningkatkan risiko terjangkit diabetes gestasi. Mulut yang terasa asam memang menjadi alasan utama ibu hamil mencari kudapan manis. Pilihlah buah yang mengandung pemanis alami dan menyehatkan tubuh Anda dan janin.

6. Belut

Sama halnya dengan ikan lele, belut ini juga tidak boleh dimakan oleh ibu hamil lho bun. Mitos yang beredar di dalam masyarakat, ibu hamil yang banyak mengkonsumsi belut membuat anak yang dilahirkannya akan licin seperti belut bun. Artinya anak itu tidak akan mudah ditangkap dan bergerak terus menerus. Hal itu hanya mitos saja karena kandungan belut sama seperti dengan ikan lele yang bermanfaat bagi ibu hamil bun.

7. Susu yang Tidak Dipasteurisasi

Susu segar yang masih fresh setelah diperah memang dipercaya memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik, namun sebaiknya hindari ini saat Anda hamil. Ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh Bunda saat hamil tidak sekuat biasanya, dan bakteri Listeria monocytogenes sangat mungkin berkeliaran dalam susu yang tidak dipasteurisasi. Apalagi bakteri ini tetap bisa tumbuh meski susu disimpan dalam kulkas. Karena itu, sebaiknya minumlah susu yang sudah dipasteurisasi.

Nah, beberapa pantangan makanan tersebut memang membawa dampak buruk terhadap kesehatan wanita hamil dan mengganggu perkembangan janin. Jika ini adalah pengalaman pertama saat hamil, sebaiknya menanyakan kepada yang lebih berpengalaman tentang makanan ibu hamil apa saja yang aman untuk dikonsumsi. Jaga kesehatan, ya!

author
No Response

Leave a reply "Eits, Ibu Hamil Jauhi 7 Makanan Pantangan Ini!"