Gejala Hamil: 4 Gangguan pada Ibu Hamil

No comment 1897 views

gejala hamil

 

Gejala hamil– Masa kehamilan merupakan momen-momen paling istimewa untuk calon Ibu, apalagi jika ini merupakan pengalaman yang pertama. Tentu saja, kehamilan memiliki gejala-gejala khusus yang dapat dijadikan sebagai pertanda. Misalnya saja, keadaan perut yang terus membesar, berat badan bertambah, sering merasa mual dan terjadi penurunan nafsu makan. Selain gejala hamil tersebut, ada juga tanda lain yang bisa menjadi gangguan dan perlu untuk diwaspadai. Berikut ini 7 gangguan pada ibu hamil yang perlu diwaspadai:

  • Morning sickness (mual-muntah)

Hampir semua ibu hamil mengalami gejala yang satu ini, yaitu perut terasa mual dan seperti diaduk-aduk. Gejala hamil ini tentu saja sangat mengganggu bagi sang calon Ibu. Umumnya, morning sickness disebabkan oleh peningkatan hormon kehamilan yang dapat memicu produksi asam lemak pada lambung. Oleh karena itu, kebanyakan ibu mengalami gejala ini di waktu pagi ketika perut dalam keadaan kosong sedangkan produksi asam lambung terus meningkat.

  • Tak merasakan janin bergerak saat usia kehamilan 5 bulan

Ketika usia kandungan Ibu memasuki 5 bulan, seharusnya gerakan-gerakan yang terjadi di dalam rahim mulai terasa. Apabila pada masa 5 bulan ini Ibu tak kunjung merasakan adanya gerakan dalam rahim, segera periksakan kandungan ke dokter.

  • Gangguan ginjal

Ganguan ginjal mungkin juga dialami oleh ibu yang sedang hamil. Ciri-ciri gejala hamil yang tak sehat ini adalah: tekanan darah meningkat, nyeri kepala, mual dan muntah berlebihan, air seni keruh dan sering demam. Untuk gejala hamil yang tidak biasa ini, ibu perlu waspada. Segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Jantung berdebar cepat, sesak napas, dan cepat lelah

Merasa lemas dan malas melakukan apapun memang merupakan salah satu gejala hamil. Namun, jika Ibu merasa lemas berlebihan yang disertai dengan jantung yang berdebar cepat serta sesak napas, maka hal ini perlu untuk diwaspadai. Kemungkinan, terjadi gangguan jantung dalam kehamilan atau yang dalam istilah kedokteran biasa disebut dengan viitium cordis.

Setelah membaca gejala hamil yang tidak wajar di atas, mudah-mudahan Ibu bisa menjadi lebih peka dan berhati-hati dalam menjaga kesehatan. Berkonsultasi secara berkala dengan dokter kandungan yang terpercaya merupakan salah satu cara yang bisa Ibu lakukan untuk meminimalisir munculnya gangguan kesehatan selama kehamilan.

author
No Response

Leave a reply "Gejala Hamil: 4 Gangguan pada Ibu Hamil"