Hamil 1 Minggu, Apa Tandanya?

No comment 16158 views

tanda hamil

Apakah saat ini Anda ingin segera mengetahui sudah hamil atau belum? Memang sedikit membingungkan membedakan tanda-tanda wanita hamil di usianya yang masih seminggu. Minggu pertama kehamilan sebenarnya dihitung sejak periode haid terakhir Anda sebelum hamil.

Memang, gejala hamil di usia yang masih seminggu ini cukup membingungkan. Bahkan, beberapa ibu tidak mengetahui kalau mereka sedang hamil muda. Bagi Anda yang saat ini penasaran dan tidak sabar untuk segera mengetahui sedang hamil atau tidak, silahkan mencermati tanda-tanda wanita hamil berikut ini:

  • Terlambat Datang Bulan

Keterlambatan haid memang menjadi hal umum yang menandakan suatu kehamilan. Untuk itu, Anda yang saat ini terlambat datang bulan, patut mencurigai bahwa ada janin di dalam rahim. Segeralah melakukan cek dengan test pack atau memeriksakan diri ke dokter.

  • Terdapat Flek yang Disertai Kram

Adanya bercak darah bukan berarti pertanda Anda akan haid, lho! Flek ini juga menandakan sedang terjadi implantasi embrio di dinding rahim Ibu. Biasanya, tanda-tanda wanita hamil ini diikuti dengan kram perut yang terkadang sedikit menyiksa.

  • Kurang Napsu Makan

Tanda hamil 1 minggu berikutnya adalah wanita menjadi kurang napsu makan. Bahkan makanan-makanan yang sebelumnya sangat disukai pun tidak bisa membuatnya napsu makan. Secara umum gejala ini cukup banyak dialami oleh para wanita hamil pada hari-hari pertama kehamilan. Secara medis gejala ini bisa saja terjadi karena meningkatnya kadar hormon beta di dalam tubuh.

  • Perubahan Payudara

Nah, perubahan yang paling mudah diketahui bagi Anda pasangan suami istri adalah perubahan yang terjadi pada bagian payudara wanita. Wanita akan lebih sensitif ketika dadanya tersentuh, bahkan hanya karena tersentuh branya sendiri, selain itu juga akan timbul rasa nyeri. Rasa tidak nyaman tersebut juga akan dibarengi dengan ukuran yang menjadi lebih membesar. Pertanda lain adalah dada akan menjadi lebih lembut dan juga empuk saat diraba. Tanda-tanda kehamilan 1 minggu yang biasanya dirasakan juga termasuk rasa gatal pada bagian tersebut.

  • Mual dan Muntah

Selain terlambat datang bulan, Anda patut curiga jika saat ini sering mual dan muntah. Gejala ini sering disebut dengan morning sickness. Namun, tidak semua wanita hamil muda mengalami hal ini. Mual ini diakibatkan adanya peningkatan hormon HCG yang meningkat drastis. Pada saat hamil, bukan hanya hormon HCG saja yang mengalami peningkatan, tetapi beberapa hormon seperti estrogen dan progesterone produksinya semakin bertambah.

  • Sering Sakit Kepala

Wanita hamil seminggu akan lebih sering sakit kepala dan pusing yang disebabkan adanya peningkatan beberapa hormon tubuhnya. Selain itu, keseringan mual dan muntah membuat energinya terus terkuras, sedangkan nafsu makannya menurun.

  • Merasa Mudah Lelah

Wanita hamil muda akan merasa sering kelelahan karena banyak perubahan metabolisme tubuh yang tidak disadari. Biasanya, usia awal kehamilan ini menurunkan nafsu makan dan membuat Anda hanya ingin bermalas-malasan di atas tempat tidur saja.

Apakah beberapa gejala hamil tersebut sudah Ibu alami? Jika tanda-tanda wanita hamil sudah Anda rasakan saat ini, segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk memastikan kehamilan dan usia janin. Pertanda di atas jangan sampai diabaikan agar bisa memberi yang terbaik untuk si Kecil sejak dini. Selamat ya, atas berita kehamilan yang membahagiakan ini.

author
No Response

Leave a reply "Hamil 1 Minggu, Apa Tandanya?"