Hamil? Yuk, Berlibur untuk Menghilangkan Stres

wanita hamil

Menjalani masa-masa hamil yang cukup berat bukan tak memungkinkan dapat memicu stres yang bisa berbahaya untuk kesehatan janin. Kehamilan ini bukan menjadi penghalang wanita hamil untuk berlibur dan mencari suasana baru yang bisa membuat otak kembali fresh. Apakah rencana travelling ini tak menganggu kehamilan?

Setiap ibu hamil pasti mengkhawatirkan kondisinya apabila menempuh perjalanan jauh. Bukan hanya kesehatannya saja yang dipentingkan, tetapi janin dalam rahim menjadi prioritas utamanya. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu. Yuk, simak cara berlibur aman saat hamil yang dilansir dari ibudanbalita.com berikut ini:

  • Menentukan Waktu Terbaik untuk Liburan

Pada trisemester pertama, wanita hamil dilarang untuk bepergian jauh karena kondisi janin dalam kandungan belum cukup kuat. Selain itu, jika telah memasuki usia trisemester ketiga, kandungan yang siap melahirkan ini memiliki kemungkinan besar untuk terjadinya kelahiran prematur.

Oleh karena itu, trisemester kedua menjadi waktu yang tepat untuk merencanakan liburan. Alasannya, pada usia 12-24 minggu ini, ibu hamil tak lagi mengalami gejala morning sickness atau mual-mual. Tubuh ibu hamil juga tak terlalu mengalami perubahan yang drastis sehingga terbilang aman untuk merencanakan liburan.

  • Menentukan Jenis Transportasi yang Pas

Kenyaman berkendara menjadi hal yang harus dipentingkan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jika Anda memilih untuk menggunakan mobil, pastikan berhenti setiap 2 jam sekali selama perjalanan. Kaki ibu hamil mudah kram apabila duduk terlalu lama sehingga butuh untuk meluruskan kaki sejenak.

Jangan lupa untuk selalu menyediakan snack dan air minum agar tidak terlalu lapar dan dehidrasi. Berikan bantal empuk pada kursi dan atur posisi tempat duduk agar Anda nyaman selama perjalanan ini. Sebaiknya, menghindari minum kopi dan teh karena kedua minuman ini dapat merangsang keinginan buang air kecil.

  • Siapkan Barang Bawaan Wajib

Menyediakan vitamin, obat-obatan dari dokter, camilan sehat tidak boleh luput dari tas Anda. Siapkan banyak pakaian yang nyaman selama perjalanan dan berlibur agar makin nyaman rekreasi.

Jangan lupa untuk menyiapkan nomor telepon Rumah Sakit atau dokter lokal terdekat sehingga bisa mendapatkan pertolongan dengan cepat apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada wanita hamil. Pilihlah tempat rekreasi yang menyajikan destinasi alam luar biasa sehingga si Kecil juga senang dengan liburan kali ini. Selamat jalan-jalan, Bu!

author
No Response

Leave a reply "Hamil? Yuk, Berlibur untuk Menghilangkan Stres"