Hindari Hal – Hal ini saat Usia Kehamilan 8 Bulan!

Hindari Hal - Hal ini saat Usia Kehamilan 8 Bulan!

Kehamilan 8 bulan – Saat usia kehamilan mencapai 8 bulan, akan terjadi perubahan yang signifikan dalam tubuh Anda. Kehamilan 8 bulan merupakan masa yang paling mendebarkan terlebih untuk ibu yang hamil anak pertamanya. Pada usia ini, janin dalam kandunhan sudah berkembang hampir sempurna dan tinggal menunggu sebentar lagi untuk mendengarkan tangisan pertama bayi.

Di awal masa hamil 8 bulan ini bayi Anda memiliki berat kurang lebih 2 kg dengan panjang kira-kira 44 cm. Jika ini adalah kehamilan pertama Anda, pada usia kehamilan ini bisa jadi bayi telah turun dan menekan leher rahim.

Hamil minggu 33 :

– Pada usia kehamilan 33 minggu ini, otak dan sistem sarafnya telah berkembang sempurna.

– Kepalanya telah berada di bawah dalam posisi siap lahir. Namun dia dapat saja berubah posisi pada minggu-minggu terakhir menjelang persalinan.

Hamil minggu 34 :

– Kecuali tempurung kepala, tulang-tulang pada rangka tubuhnya makin keras.

– Bobot bayi Anda kini lebih dari 2,2 kg dengan panjang 45 cm.

Hamil minggu 35 :

– Sepasang ginjalnya telah sempurna.

– Di usia ini kuku kaki dan tangannya mulai tumbuh.

Hamil minggu ke 36 :

– Mulut dan saluran pencernaannya telah siap untuk menyusu dan mencerna ASI.

-Jantungnya telah sempurna dan siap menarik napas pertamanya begitu lahir ke dunia.

Kehamilan 8 bulan biasa disebut juga dengan kehamilan trimester ketiga, dalam masa kehamilan ini Anda akan merasakan hal – hal berikut ini :

  • Mudah sekali lelah
    Hal ini dikarenakan oksigen dan makanan yang Anda konsumsi juga dikonsumsi oleh janin sehingga tidak 100% makanan tersebut terserap oleh tubuh Anda sendiri. Sehingga diharapkan Anda mengurangi berbagai aktivitas yang bisa membuat Anda lelah.
  • Merasakan sakit punggung
    Sakit punggung sering terjadi pada bulan ke-8 ini dikarenakan perut yang terus membesar dan hal itu mempengaruhi bentuk tubuh. Serta hormon relaxin yaitu hormon yang mengendurkan persendian sedang mempersiapkan diri untuk proses melahirkan. Selalu lakukan latihan panggul dengan menggoyang-goyangkan panggul serta tambahkan bantal dibawah punggung ketika Anda akan tidur.
  • Sering kencing
    Hal ini dikarenakan janin yang terus berkembang dan semakin menekan kandung kemih, kandung kemih ialah saluran yang mengatur keluarnya kencing. Tetapi Anda dapat mengatasi dengan banyak makan-makanan berserat dan harus menghindari kafein.

Itulah hal – hal yang biasa dirasakan ibu hamil saat usia kehamilannya mencapai bulan ke-8. Meskipun kehamilan telah mencapai usia 8 bulan, Anda harus lebih berhati – hati karena jika terjadi suatu yang salah akan beresiko pada keselamatan ibu dan bayi. Untuk itu Anda harus hindari hal – hal berikut ini pada kehamilan 8 bulan.

Hal yang harus dihindari saat usia kehamilan 8 bulan

1. Stres
Jika Anda memimpikan bayi lahir sehat, harus menghindari stres saat usia kehamilan 8 bulan. Emosi yang Anda rasakan akan diteruskan ke bayi sehingga ketika mengalami stres, akan berpengaruh pada bayi Anda. Untuk itu cobalah menghadapi segala hal menjadi lebih menyenangkan. Anda juga bisa pergi berjalan – jalan ditaman untuk merefresh pikiran dan jangan lupa untuk melakukan kegaiatan yoga agar lebih tenang.

2. Perjalanan panjang
Perlu diingat bahwa kehamilan 8 bulan sudah mendekati bayi lahir. Untuk menghindari kemungkinan yang buruk Anda harus menghentikan rencana liburan jauh. Selain itu, perjalanan yang panjang dan jauh akan membuat Anda kelelahan dan membuat kondisi ibu dan bayi tidak baik.

3. Situasi yang kurang menyenangkan
Sedapat mungkin, cobalah untuk menjauh dari situasi yang kurang menyenangkan bagi Anda, baik itu di rumah, kantor atau di mana pun.

Meskipun bayi masih berada dalam kandungan, gangguan sekecil apapun dapat membangkitkannya dan membuat bayi gelisah. Segala sesuatu yang Anda dengar, lihat dan katakan, juga akan ikut dirasakan oleh bayi.

4. Duduk berjam-jam
Entah Anda berada di rumah atau di kantor, sebaiknya hindari duduk selama berjam-jam.

Duduk dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan sakit punggung dan juga mengakibatkan terjadinya tekanan pada perut Anda. Padahal ketika usia kehamilan mencapai 8 bulan, bagian maksimum perut Anda telah ditempati oleh bayi.

Jadi apabila keadaan benar-benar memaksa Anda untuk duduk berjam-jam, usahakan berdiri dan sedikit berjalan setiap beberapa menit guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Diet
Saat hamil, mengurangi konsumsi makanan atau biasa disebut dengan diet merupakan hal yang harus dihindari. Karena pada saat kehamilan ini ibu hamil memerlukan asupan nutrisi yang cukup tidak hanya untuk dirinya namun juga bayi dalam kandungan. Sebaiknya Anda harus memperbanyak konsumsi sayuran dan buah – buahan serta makanan kaya protein, kalsium dan zat besi. Diet adalah pilihan yang salah saat usia kehamilan 8 bulan.

6. Mengonsumsi makanan pedas
Cabe dan rempah – rempah memang baik di konsumsi namun harus dalam jumlah yang wajar. Jika Anda gemar mengonsumsi makanan pedas sebelum hamil, lebih baik Anda menghentikan dulu makan makanan pedas saat hamil apalagi di usia kehamilan 8 bulan. Karena mengonsumsi makan pedas dapat menggangu sistem pencernaan Anda sehingga membuat tidak nyaman dan merasakan cemas saat sakit. Kondisi ini berbahaya untuk perkembangan janun dalam kandungan.

Setelah Anda mengetahui hal – hal apa saja yang harus dihindari saat kehamilan 8 bulan, Anda harus lebih memperhatikan hal tersebut agar bayi lahir sehat. Baca juga : Pentingnya Kebutuhan Gizi Pada Makanan Ibu Hamil

author
No Response

Leave a reply "Hindari Hal – Hal ini saat Usia Kehamilan 8 Bulan!"