Hindari Hal Ini Saat Senam Hamil!

No comment 3973 views

 senam hamil

Senam hamil merupakan salah satu olahraga ringan yang sangat dianjurkan untuk wanita mengandung kerena memiliki berbagai manfaat mulai dari mengurangi tingkat stres, mengontrol berat badan, mencegah risiko terkena diabetes, hingga memperlancar proses persalinan. Meski memiliki banyak manfaat, senam hamil yang dilakukan secara sembrono dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan seperti pusing, lelah berlebihan, mual, hingga keluarnya cairan dari dalam vagina.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, Anda harus memerhatikan hal-hal berikut ini saat melakukan senam hamil:

  1. Jangan lakukan tanpa pemanasan

Pemanasan tak hanya wajib dilakukan oleh Anda yang sedang mengandung, setiap orang yang akan melakukan olahraga juga harus melakukan hal yang satu ini. Dengan pemanasan yang tepat sebelum senam hamil, otot dan ligamen yang ada pada tubuh akan lebih siap sehingga tidak “kaget” saat melakukan berbagai gerakan olahraga. Pemanasan ini juga sangat baik untuk mencegah timbulnya cedera dan rasa nyeri saat selesai berolahraga. Maka dari itu, jangan malas lakukan pemanasan, ya!

  1. Jangan mulai dengan perut kosong

Sebelum mulai senam hamil, pastikan perut Anda telah terisi dengan makanan yang mengenyangkan. Makanlah sesuatu minimal 30 menit sebelum mulai berolahraga karena perut yang terisi akan membuat Anda lebih prima dan juga lebih bugar. Selain itu, dalam kondisi hamil Anda juga harus memikirkan asupan nutrisi untuk janin dengan mengonsumsi kalori tambahan setiap harinya sesuai dengan berat badan dan juga anjuran dari dokter.

  1. Jangan berolahraga sendirian

Saat melakukan senam hamil, mintalah dampingan suami atau keluarga agar olahraga yang dilakukan lebih aman. Pastikan ada seseorang yang berdiri dekat dengan Anda untuk mengurangi kemungkinan terjatuh atau tiba-tiba merasa lemas karena terlalu lelah melakukan gerakan tertentu. Anda juga bisa lho, ikut kelas senam hamil yang tentunya jauh lebih menyenangkan karena bisa bertemu dengan teman lainnya dan mendapat pengawasan langsung dari instruktur yang berpengalaman.

  1. Jangan memaksakan diri

Senam hamil hanya perlu dilakukan selama 15 hingga 30 menit setiap harinya, jadi Anda tak perlu memaksakan diri berolahraga dalam waktu yang lama. Selain tidak akan memberikan manfaat lebih, memaksakan diri dalam berolahraga justru akan membuat kesehatan terganggu karena kelelahan dan mengeluarkan terlalu banyak energi. Jika Anda sudah mulai kesulitan bernafas saat melakukan senam hamil, maka itu tandanya kegiatan harus segera diakhiri dan segeralah minum air putih atau jus buah untuk menggantikan energi yang habis.

  1. Jangan gunakan pakaian ketat

Wanita yang sedang mengandung mengalami perubahan hormonal yang mengakibatkan tubuh lebih mudah mengalami kegerahan, untuk itu hindarilah penggunaan pakaian ketat saat melakukan senam hamil. Pilihlah pakaian yang longgar dan terbuat dari bahan yang menyerap keringat sehingga membuat tubuh tetap sejuk meski digunakan untuk melakukan gerakan-gerakan yang cukup berat.

Saat ini ada begitu banyak jenis senam hamil yang bisa dilakukan sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan kemampuan tubuh dan juga tujuan yang diinginkan. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui jenis senam hamil yang tepat beserta intensitas pelaksanaannya, sebab hal tersebut berbeda-beda tergantung kondisi tubuh masing-masing orang.  Hal yang juga tak boleh dilupakan, selalu perhatikan gerakan yang Anda lakukan agar tak membahayakan calon buah hati yang sudah dinanti. Selamat berolahraga!

author
No Response

Leave a reply "Hindari Hal Ini Saat Senam Hamil!"