Ingin Kehamilan Lancar? Simak Cara Menjaga Kehamilan Berikut

211937322016-menciptakan-kehamilan-janin-kembar-yang-sehat

Untuk calon Bunda yang baru saja mendapatkan kabar kehamilan, selamat! Kabar tersebut pastinya menjadi berita yang sangat membahagiakan bagi Anda dan pasangan, terutama jika Anda sudah lama menginginkan kehadiran si kecil di tengah-tengah keluarga kecil Anda. Wujud syukur tentu saja tidak bisa dilakukan hanya sebatas melakukan syukuran bubur merah saja. Hal yang paling penting adalah bagaimana cara menjaga kehamilan Anda agar tetap sehat hingga nanti hari persalinan tiba.
Menjaga Nutrisi Makanan
Cara menjaga kehamilan yang paling utama adalah menjaga asupan makanan yang Anda konsumsi. Ya, selama Anda hamil Anda tidak lagi bisa menyantap makanan sesuka hati Anda. Apa yang Anda santap setiap harinya akan diserap oleh janin Anda dan akan mempengaruhi tumbuh kembangnya. Jadi Anda perlu memastikan bahwa makanan yang Anda konsumsi adalah makanan yang sehat dengan nutrisi yang tepat untuk membantu tumbuh kembang bayi.

Makanan yang diwajibkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil antara lain, makanan yang kaya akan vitamin, serat, kalsium, protein, asam folat, zat besi, dan kolin. Umumnya zat makanan bergizi tersebut banya ditemukan di dalam sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, dan produk hewani seperti daging ikan, ayam, telur, dan susu.
Membiasakan Berolahraga Ringan
Selama masa kehamilan trimester pertama, ibu hamil pada umumnya akan merasa lemas dan mudah lelah sehingga seringkali mereka menghabiskan waktu dengan beristirahat dan tidur-tiduran. Akan tetapi, terlalu banyak duduk atau tidur dapat memperlambat sistem metabolisme tubuh dan dapat mengakibatkan ibu hamil rawan terkena obesitas.

Ibu hamil memang tidak diperbolehkan untuk beraktivitas atau berolahraga yang berat-berat dikarenakan kondisi stamina yang memang sedang tidak stabil. Tapi olahraga ringan seperti berjalan-jalan santai, berenang, atau yoga sangatlah disarankan. Olahraga ringan tersebut tidak hanya membantu memperbaiki mood dan membuat tubuh terasa lebih segar, tetapi juga membantu menjaga bentuk tubuh ibu setelah Anda melahirkan nantinya.
Hindari Gaya Hidup Yang Tidak Sehat
Jika sebelum masa kehamilan Anda terbiasa mengkonsumsi alkohol atau merokok, maka setelah Anda hamil Anda wajib sepenuhnya meninggalkan kebiasaan-kebiasaan tersebut. Kandungan alkohol di dalam minuman keras akan terbawa ke dalam aliran darah Anda dan diserap oleh bayi melalui plasenta. Kandungan minuman tersebut merupakan jenis racun yang dapat mengganggu perkembangan organ-organ tubuh janin sehingga mengakibatkannya terlahir cacat. Atau dalam kemungkinan terburuk adalah bayi Anda mati di dalam kandungan.

Tidak hanya berhenti merokok saja, Anda juga perlu menghindari para perokok. Asap dari rokok mengandung nikotin yang dapat mengikat oksigen di dalam darah dan mengakibatkan suplai oksigen pada bayi Anda berkurang. Kandungan nikotin yang mengalir di dalam darah juga dapat mengganggu perkembangan janin sehingga memperbesar resiko ia terlahir cacat. Jadi, hati-hati ya Moms.
Demikianlah beberapa cara menjaga kehamilan. Semoga saja informasi ini bermanfaat untuk Anda, Bunda.

author
No Response

Leave a reply "Ingin Kehamilan Lancar? Simak Cara Menjaga Kehamilan Berikut"