Ibu Hamil Kurus dan Gemuk, Ikuti Tips Ini Yuk!

Berat Badan Ibu Hamil

Ibu hamil – Setiap orang pasti ingin menjadi wanita hami yang memiliki berat badan tubuh seimbang karena berat badan tubuh yang normal ini akan sangat mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin dengan lebih baik. Masalahnya, terkadang beberapa ibu hamil memiliki berat badan yang terlalu kurus atau justru terlalu gemuk sehingga mengalami kesulitan untuk menyesuaikan dengan berat badan ibu hamil ideal.

Untuk itu, ibu hamil harus selalu memantau perkembangan berat badannya pada saat sebelum hamil dan ketika mulai memasuki proses kehamilan. Hal ini penting untuk dilakukan guna menentukan pola makan yang akan dilakukan pada masa kehamilan. Pola makan dan gaya hidup seimbang ini akan sangat berperan penting dalam kelancaran Anda menjalani masa-masa kehamilan dan persalinan.

Pada umumnya, ibu hamil mengalami pertambahan berat bada

n sekitar 10 hingga 12,5 kilogram. Pertambahan berat badan ibu hamil ini juga dapat dipengaruhi oleh tinggi badan. Ibu hamil yang memiliki postur tubuh tinggi biasanya juga lebih mudah untuk mengalami pertambahan berat badan yang lebih besar sehingga akan menjadikan tubuh ibu hamil tubuh tinggi tampak lebih ideal.

Namun,bagi ibu hamil kurus dan gemuk, kegiatan menaikkan atau menurunkan berat badan menjadi hal yang perlu mendapat perhatian khusus. Bagi ibu hamil kurus, sangat dianjurkan untuk menaikkan berat badannya sebanyak 12,5 sampai 18,5 kilogram, sedangkan untuk ibu hamil normal, disarankan untuk menaikkan berat badannya sekitar 11,5 hingga 12,5 kilogram, dan ibu hamil gemuk dianjurkan untuk menaikkan berat badannya agar bertambah 7 sampai 11,5 kilogram.

Sekarang, terkadang muncul masalah baru yakni bagaimana cara untuk melakukan penambahan berat badan? Kasus semacam ini juga sering terjadi pada beberapa ibu hamil yang sudah berusaha keras untuk menaikkan berat badan tubuh, tetapi masih belum tampak adanya perubahan yang signifikan.

Bagi ibu hamil kurus, mulailah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat, zat besi, dan vitamin lainnya. Anda juga dapat menambahkan menu susu ibu hamil ke dalam daftar makanan suplemenen tambahan yang dapat mendukung pertambahan berat badan tubuh Anda. Anda juga dapat meningkatkan konsumsi buah segar, sayuran, dan makanan-makanan bergizi yang mengandung kuah.

Bagi ibu hamil gemuk, Anda juga dapat meningkatkan berat badan secara seimbang dengan cara mengonsumsi makanan yang sama untuk ibu hamil kurus. Hanya saja, pada kasus ibu hamil gemuk, kurangi konsumsi makanan yang berkalori tinggi. Hal ini akan sangat baik untuk menyeimbangkan kandungan gizi yang ada pada tubuh serta meminimalisir peluang adanya hipertensi, diabetes, dan kondisi janin yang terlalu besar.

author
No Response

Leave a reply "Ibu Hamil Kurus dan Gemuk, Ikuti Tips Ini Yuk!"