Ingin Bersalin Lancar? Senam Hamil Dong!

No comment 1734 views

senam  hamil

Bagi Anda yang menginginkan persalinan lancar tanpa hambatan berarti, senam hamil bisa menjadi solusinya. Senam hamil yang dilakukan secara rutin dan berkala, lambat laun akan menghasilkan tubuh yang segar bugar. Nah, kondisi yang fresh ini merupakan poin plus bagi Anda saat persalinan nanti.

Selain mempersiapkan persalinan, senam hamil juga akan membantu mempermudah Anda untuk mendapatkan kembali tubuh ideal setelah bersalin. Hebat bukan? Nah, bagi Anda yang tak bisa menjangkau tempat senam hamil khusus, tak jadi masalah. Anda dapat melakukan gerakan senam sederhana di rumah sembari bersantai. Bagaimana gerakan senam hamil yang sederhana itu? Ini dia:

  1. Berdiri bertumpu

Gerakan ini dimulai dengan posisi badan dalam keadaan berdiri tegak dan salah satu tangan bertumpu pada kursi. Bukalah kedua kaki dengan lebar kurang lebih 45 derajat. Kemudian, tekuk lutut dan secara perlahan bawalah tubuh dalam posisi serendah mungkin dan jagalah agar posisi punggung tetap lurus.

Setelah itu, angkat kembali tubuh dan luruskan kaki seperti posisi awal. Ulangi gerakan ini beberapa kali selama 10-20 detik. Manfaat gerakan ini adalah untuk meningkatkan otot paha bagian belakang dan pantat, serta meningkatkan keseimbangan.

  1. Jongkok

Posisikan tubuh dengan punggung dalam keadaan lurus. Kemudian, turunkan badan pelan-pelan hingga mencapai posisi duduk berjongkok. Tahanlah posisi tersebut untuk beberapa saat, selama kira-kira 10 detik. Angkat tubuh perlahan-lahan untuk kembali bangkit.

Ulangilah untuk berjongkok dan bangkit kembali. Dalam sehari, Anda dapat melakukan gerakan ini beberapa kali. Manfaat senam hamil dengan gerakan jongkok ini dapat mempermudah persalinan karena otot paha dan peregangan otot panggul dikuatkan.

  1. Duduk

Posisi duduk santai ini juga disebut sebagai pose kupu-kupu dalam yoga. Posisi duduk ini dapat dilakukan di lantai dengan punggung diluruskan pada dinding. Posisi kedua telapak kaki saling bersentuhan rapat.

Kemudian, doronglah lutut ke bawah sampai menyentuh lantai dengan pelan-pelan. Gerakan ini aman untuk dilakukan selama beberapa kali dalam sehari. Cukup meluangkan waktu sekitar 10-20 detik saja dan akan memperoleh manfaatnya dapat menghilangkan stres dan melatih otot paha.

  1. Miringkan panggul

Selanjutnya, lalukan gerakan senam hamil dengan memiringkan panggul. Posisikan tubuh seperti hendak merangkak dan punggung lurus dengan kepala. Sembari menengadahkan kepala, cobalah untuk menarik nafas dan melepaskannya perlahan-lahan. Lakukan gerakan ini beberapa kali selama 10-20 detik sehari.

Manfaat yang diperoleh dari gerakan senam hamil ini adalah untuk menguatkan otot perut dan dapat mengurangi rasa sakit di pinggang selama masa kehamilan.

Gerakan senam hamil ini selain cukup mudah untuk dilakukan di rumah, juga bisa memperlancar proses persalinan Anda nantinya. Maka dari itu, luangkanlah sedikit waktu Anda untuk melakukan gerakan-gerakan sederhana tersebut agar tubuh senantiasa terjaga kesehatan dan kebugarannya. Dengan tubuh yang segar, Anda pun akan semakin siap untuk menghadapi hari H yang ditunggu-tunggu.

author
No Response

Leave a reply "Ingin Bersalin Lancar? Senam Hamil Dong!"