Ini 4 Poin Penting saat Merencanakan Kehamilan

Kehamilan bagi beberapa orang berlangsung cukup mudah dan cepat. NamunĀ  di sisi lain ada beberapa pasangan yang hingga saat ini masih belum dikaruniai oleh buah hati. Apakah Anda salah satunya? Anak memang merupakan hak preogatif dari Yang Maha Kuasa, namun bukan berarti Anda tidak bisa berusaha untuk mendapatkan momongan. Saat ini sudah ada banyak sekali program hamil yang bisa Anda coba. Untuk membuat usaha Anda semakin maksimal, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat merencanakan kehamilan. Apa saja?

  • Jadwalkan Vaksinasi Lengkap

Anda mungkin memang belum hamil, namun salah satu hal yang wajib Anda lakukan untuk merencanakan kehamilan adalah dengan menjadwalkan vaksinasi lengkap. Vaksinasi yang wajib Anda dapatkan adalah vaksin MMR (Measles, Mumps, Rubella), dan vaksinasi DTP (Difteri, Tetanus, dan Pertussis).

 

Kenapa dua jenis vaksinasi ini penting? Karena ketika Anda hamil nanti baik Anda dan janin yang tengah berkembang di dalam rahim Anda akan memiliki kekebalan tubuh yang rendah. Sehingga jika Anda sampai terinfeksi penyakit Rubella misalnya, besar kemungkinan bayi Anda pun akan terkena dampaknya.

  • Hentikan Mengkonsumsi Pil KB

Jika Anda saat ini sedang dalam program KB dan mulai ingin memiliki anak, maka Anda wajib menghentikan konsumsi pil KB paling tidak beberapa bulan sebelum Anda mencoba untuk hamil. Jarak beberapa bulan tersebut akan memberikan waktu yang cukup bagi siklus menstruasi Anda untuk kembali normal. Dengan demikian, Anda akan semakin termudahkan dalam mengetahui kapan masa subur Anda datang.

  • Hentikan Konsumsi Minuman Beralkohol

Bagi beberapa dari Anda, konsumsi alkohol mungkin tidak dapat terpisahkan. Tapi, jika Anda berencana untuk memiliki anak, Anda harus punya tekad yang cukup kuat untuk menghentikan atau paling tidak mengurangi konsumsi minuman beralkohol tersebut. Sama seperti merokok, konsumsi minuman beralkohol yang terlalu sering dapat menurunkan kualitas sel telur dan sperma. Semakin buruk kualitas sel telur dan sperma, maka akan semakin kecil pula program kehamilan Anda bisa berhasil.

  • Hindari Stres

Salah satu musuh terbesar dari program kehamilan adalah stres. Ya, kami paham banyak dari Anda yang merasa tertekan dengan pertanyaan atau desakan dari keluarga besar Anda untuk segera memiliki momongan. Tapi, stres justru dapat mengakibatkan siklus ovulasi Anda menjadi tidak teratur, ladies. Untuk menghindari stres akut, sangat disarankan untuk melakukan olahraga meditasi atau berkomunikasi dengan pasangan Anda.

Demikianlah 4 poin penting bagi Anda yang ingin merencanakan kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat.

author
No Response

Leave a reply "Ini 4 Poin Penting saat Merencanakan Kehamilan"