Ini Aktivitas yang harus Dikurangi Ibu Hamil saat Puasa

bump22_w555

Puasa adalah aktivitas menahan hawa nafsu dalam rangka ibadah, di dalamnya termasuk menahan nafsu makan dan minum selama seharian penuh. Dalam peraturan agama Islam, ibu hamil termasuk golongan yang memperoleh keringanan dimana mereka tidak diwajibkan untuk berpuasa. Hal tersebut pastinya ditujukan agar perkembangan bayi Anda tidak terhambat. Tapi, tetap saja ada banyak ibu hamil yang bersikeras untuk tetap ikut berpuasa. Jika dokter kandungan Anda sudah memberikan izin untuk berpuasa, hal selanjutnya yang wajib Anda lakukan adalah mengetahui aktivitas yang harus dikurangi ibu hamil saat puasa berikut ini.

 
• Aktivitas Berat
Salah satu aktivitas yang harus dikurangi ibu hamilsaat puasa adalah aktivitas yang dapat menguras energi Anda. Harap diingat bahwa saat hamil kondisi tubuh Anda akan jauh lebih lemah dibandingkan dengan stamina wanita lain yang tidak hamil. Memaksakan diri untuk melakukan aktivitas rumah tangga atau olahraga yang terlalu berat, terutama saat puasa dapat membahayakan kandungan Anda.

Tidak hanya kondisi badan yang lelah akan semakin membuat sistem imun tubuh semakin menurun, dan mengakibatkan Anda lebih mudah sakit. Tak hanya itu, terlalu kelelahan juga berisiko mengakibatkan stres sehingga memicu terjadinya keguguran. Jadi, jangan beraktivitas terlalu berlebihan.

 
• Hindari Aktivitas Berjalan Kaki terlalu Jauh
Berolahraga jalan-jalan santai memang sangat disarankan untuk membantu ibu hamil mengontrol berat badan yang ideal sekaligus mencegah hipertensi selama kehamilan. Namun, tetap saja olahraga ini harus dilakukan sewajarnya saja. Jangan sampai Anda memaksakan diri untuk menempuh jarak yang jauh dengan berjalan kaki.

Tidak hanya resiko terpapar polusi udara semakin tinggi, Anda juga akan merasa sangat kelelahan. Di saat yang sama, Anda juga pasti akan terkena dehidrasi, padahal saat berpuasa Anda tidak diijinkan untuk minum. Maka dari itu, jika Anda berniat untuk puasa seharian penuh, please be mindful.

 
• Memaksakan Diri untuk Berpuasa
Seperti yang sudah ditegaskan di atas, puasa tidak diwajibkan bagi ibu hamil. Sehingga jika Anda merasakan gejala lemas atau sakit kepala, ada baiknya Anda membatalkan puasa Anda dan segera mengkonsumsi minuman dan makanan bergizi. Karena apabila Anda memaksakan diri, jangankan beribadah Anda justru bertindak sewenang-wenang terhadap diri Anda sendiri dan pada janin yang ada di dalam rahim Anda. Jika kondisi kesehatan Anda tidak memungkinkan, janganlah memaksakan diri Anda untuk berpuasa.

 
Demikianlah beberapa aktivitas yang harus dikurangi ibu hamil saat puasa. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Ini Aktivitas yang harus Dikurangi Ibu Hamil saat Puasa"