Ini Cara Mengatasi Depresi dan Stres Saat Kehamilan

pregnant woman with headache and pain

Kehamilan adalah suatu hal yang sangat membahagiakan bagi kebanyakan orang, dan memang sudah sewajarnya tiap pasangan menyambut kehamilan dengan penuh rasa bahagia dan rasa syukur. Kita tentu menganggap bahwa ibu hamil pasti akan selalu diselimuti oleh perasaan bahagia selama masa mengandung. Tapi ternyata, hal tersebut tak sepenuhnya benar. Cukup banyak kasus dimana ibu hamil dirundung oleh perasaan negatif hingga tak jarang ia mengalami depresi. Apakah dampak dari depresi pada ibu hamil serta cara mengatasi depresi dan stres saat kehamilan?
Dampak dari depresi atau stres yang dialami oleh ibu hamil tak main-main, Moms. Jika rasa stres tersebut tidak dikelola dengan baik, maka hal tersebut dapat berdampak terhadap perkembangan otak janin. Banyak jaringan otak bayi tidak dapat berkembang dengan sempurna sehingga mempengaruhi tingkat intelegensi bayi dan bahkan bisa mengakibatkan bayi terlahir dengan gejala keterbelakangan mental. Bahkan dalam beberapa kasus, bayi akan terlahir sebelum waktunya (prematur). Untuk mengantisipasinya, Anda perlu mengetahui cara mengatasi depresi dan stres saat kehamilan.
• Menemukan dan Menyelesaikan Akar Masalah
Perubahan mood selama kehamilan kebanyakan memang disebabkan oleh pengaruh hormon. Namun, faktor hormonal hanyalah satu dari ratusan penyebab yang menjadi pemicu dari rasa stres atau depresi yang Anda derita.

Anda perlu berkomunikasi dengan pasangan dan keluarga Anda untuk menemukan akar dari perasaan stres yang Anda rasakan. Jangan memikul masalah tersebut sendiri, Moms.
• Beristirahat yang Cukup
Kurang tidur bisa jadi sumber penyebab dari depresi yang Anda derita. Tidur selama masa kehamilan, terutama di trimester akhir memang tidak mudah. Tapi bukan berarti tidak mungkin. Anda hanya perlu mengetahui posisi tidur yang nyaman untuk Anda. Atau jika perlu, Anda dapat menyemprotkan parfum aromaterapi atau mengkonsumsi segelas susu hangat sebelum tidur. Jangan lupa untuk mematikan lampu kamar agar tubuh Anda dapat beristirahat total.
• Olahraga
Saat hamil memang Anda akan mudah merasa kelelahan, sehingga seringkali Anda merasa malas untuk berolahraga. Padahal, olahraga dapat membantu mengusir rasa tegang akibat stres dan depresi dengan memicu peningkatan produksi endorfin dalam tubuh. Tentunya, Anda tidak boleh melakukan olahraga berat seperti berlari marathon atau olahraga basket.

Pilihlah jenis olahraga yang ringan yang tidak akan membahayakan kehamilan Anda. Jenis olahraga yang seringkali disarankan untuk para ibu hamil adalah olahraga renang, jalan santai, senam kegel, senam aerobik, dan senam yoga.
Demikianlah beberapa cara mengatasi depresi dan stres saat kehamilan. Semoga informasi ini berguna untuk Anda, Bunda.

author
No Response

Leave a reply "Ini Cara Mengatasi Depresi dan Stres Saat Kehamilan"