Ini Dia 5 Jenis Olahraga Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Ini Dia 5 Jenis Olahraga Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Olahraga yang dilarang untuk ibu hamil – Semua ibu hamil pastinya ingin kandungannya sehat dan dapat melahirkan dengan lancar. Olahraga disaat hamil merupakan aktivitas yang positif dan bermanfaat bagi kesehatan sang ibu maupun janinnya. Dengan olahraga akan dapat membuat tidur kita lebih nyenyak, memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat dan suasana hati yang lebih tenang.

Olahraga saat hamil sebaiknya dibatasi dan bukan olahraga yang berat – berat. Ada beberapa jenis olahraha yang tidak boleh dilakukan oleh seorang ibu yang sedang hamil karena dapat membahayakan ibu dan janin yang ada dalam kandungannya. Berikut beberapa jenis olahraga yang harus dihindari oleh ibu hamil:

5 Olahraga yang dilarang untuk ibu hamil

1. Lari

Berlari meruapakan olahraga yang sangat sederhana untuk dilakukan tetepi tidak baik dilakukan oleh ibu hamil karena berlari membutuhkan tenaga yang besar apalagi kalau berlari jarak jauh. Selain itu sangat memungkinkan terjadikan resiko terjatuh saat berlari. Resiko terjatuh sebaiknya dihindari agar tidak terjadi hal – hal yang dapat membahayakan janin. Olahraga berlari bisa diganti dengan berjalan kaki dengan resiko yang lebih kecil.

2. Bersepeda

Bersepeda juga merupakan olahraga yang sangat tidak disarankan untuk ibu hamil. Terdapat beberapa resiko yang mengintai saat melakukan olahraga bersepeda, seperti kehilangan keseimbangan sehingga terjatuh atau kelelahan saat bersepeda. Untuk itu ibu hamil dengan membawa janin didalam perutnya haruslah berhati – hati agar tidak terjatuh ataupun kelelahan. Jika memang anda gemar sekali olahraga ini bisa diganti dengan sepeda satis yang dapat dilakukan di dalam rumah.

3. Menyelam

Kegiatan olahraga menyelam di dalam laut juga merupakan olahraga yang dilarang bagi ibu hamil. Dengan peralatan menyelam dan kondisi ibu hamil akan kesulitan untuk melakukannya. Jika dipaksakan kemungkinan akan terjadi sesuatu di dalam air tentunya itu kan membahayakan nyawa sang ibu dan janinnya. Dengan tekanan kuat saat berada di dalam air bisa berakibat tidak baik bagi kandungan. Adanya gas yang berubah menjadi gelembung – gelembung udara didalam tubuh sehingga dapat menyebabkan rasa nyeri, ruam, kelumpuhan dan lainnya.

4. Gym

Olahraga dengan menggunakan peralatan gym sebaiknya anda hindari para ibu hamil. Karena dapat menimbulkan resiko cedera yang lumayan besar. Olahraga dengan peralatan elektronik juga beresiko baik yang menggunakan peralatan ataupun tangan kosong tetap saja dapat beresiko cedera.

5. Mendaki

Mendaki merupakan olahraga yang ekstrim seperti rock climbing, tentunya olahraga ini sangat dilarang untuk dilakukan para ibu hamil karena banyak resiko yang bisa menimpa sang ibu dan janinnya. Kegiatan mendaki juga membutuhkan tenaga yang besar apalagi di gunung tentung akan mendapatkan kesulitan perawatan jika tiba – tiba terjadi sesuatu pada kandungan Anda.

Baca juga : 5 Pilihan Olahraga Terbaik Ibu Hamil

Memang sangat disarankan untuk tetap aktif selama masa kehamilan. Tapi jangan pernah mengabaikan keselamatan janin yang ada di dalam kandungan Anda, lho, Bun. Bahkan jika Anda sebelumnya memang rutin berolahraga, Anda bisa mendapatkan masalah tertentu, seperti persalinan prematur hingga terjadi pendarahan terus menerus.

Selain mengetahui olahraga yang dilarang untuk ibu hamil, sebaiknya jangan melakukan aktifitas berat apapun secara tiba-tiba. Lakukanlah secara bertahap dan konsultasikan pada dokter kandungan, untuk mengetahui jenis olahraga apa yang baik untuk dilakukan. Cari aktivitas yang Anda nikmati dan tidak membosankan. Dengan kesehatan ibu yang terjaga, bayi di dalam kandungan Anda pun akan tumbuh dan berkembang dengan sempurna.

author
No Response

Leave a reply "Ini Dia 5 Jenis Olahraga Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil"