Ini Dia Tips Berpuasa yang Tepat Bagi Ibu Hamil!

ibuhamil

Tips Berpuasa Saat Hamil – Bagi wanita yang sedang hamil diberi keringanan untuk tidak berpuasa di bulan Ramadhan dan menggantinya dihari lain atau setelah melahirkan. Tapi apabila ibu hamil ingin berpuasa ada hal – hal yang sangat penting agar kehamilannya tidak terganggu. Dan juga agar kebutuhan nutrisi ibu hamil dan janinnya tidak terganggu.

Sebaiknya sebelum puasa saat hamil berkonsultasilah terlebih dahulu kepada dokter kandungan anda apakah anda diperbolehkan untuk berpuasa di bulan Ramadhan. Berikut adalah tips – tips berpuasa saat hamil yang dibawakan oleh tim katalogibu.com ini :

Tips berpuasa saat sedang hamil

  • Waktu sahur

– Saat sahur pilihlah makanan yang mengandung protein dan lemak yang cukup tinggi seperti telur dan daging. Kedua makanan tersebut mengandung zat gizi yang dapat menahan rasa lapar saat di siang hari.

– Makanlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi karena karbohidrat kompleks dapat meembantu lebih cepat merasa kenyang.

– Konsumsilah makanan yang banyak mengandung vitamin C untuk tetap menjaga vitalis tubuh dan disaranka untuk ibu hamil agar meminum suplemen vitamin saat sahur untuk memenuhi kebutuhan nutrisi saat sedang berpuasa.

– Hindarilah makanan manis saat waktu sahur karena makanan manis dapat membakar gula darah yang berakibat kadar gula menurun sehingga ibu hamil merasa lemas dan cepat mudah merasa lapar.

– Dan jangan lupa minumlah air putih yang banyak agar tidak mengalami dehidarsi.

  • Saat sedang berpuasa

Tips puasa saat hamil yang berikutnya yaitu kurangilah atau bahkan jangan lakukan hal – hal yang banyak menguras energi. Banyakanlah istirahat saat berpuasa apabila ibu merasa hal – hal seperti dibawah ini segera batalkan puasa anda : Baca juga: Tips Puasa Yang Baik Dan sehat Bagi Ibu Hamil

– Muntah lebih dari tiga kali dan menyebabkan dehidrasi

– Mengalami diare dan dibarengi dengan rasa mulas

– Mimisan yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah dan menandakan kondisi ibu hamil sudah tidak stabil

– Lemas dan pusing yang di ikuti dengan mata berkunang – kunang hal ini disebabkan karena kadar gula pada ibu hamil menurun atau disebut dengan hipoglikemia

– Berkeringat dingin yang berlebihan ini menandakan bahwa kondisi tubuh ibu hamil sudah tidak kuat untuk berpuasa

  • Waktu berbuka puasa

– Saat berbuka ibu hamil disarankan untuk makan makanan dan minuman yang panas seperti kolak atau kurma karena dapat meningkatakan kadar gula pada ibu hamil

– Hindarilah minum minuman yang dingin saat berbuka karena hal tersebut dapat menurunkan kinerrja pada lambung

– Untuk makan ibu dapat makan denga porsi yang cukup besar tapi juga jangan berlebihan dan juga jangan lupa konsumsi air putih yang banyak agar volume darah anda terjaga dengan baik dan juga malancarkan pengangkatan oksigen dan zat gizi serta juga bermanfaat untuk mencegah sembelit.

– Bagi ibu hamil yang mengalami maag sangat dilarang untuk berpuasa karena hal tersebut dapat menganggu kesehatan ibu hami dan juga janinnya.

Secara umum kondisi ibu hamil paling “fit” untuk berpuasa setelah kehamilannya masuk minggu ke-16-28 atau usia kandungan 4-7 bulan. Pada masa inilah tubuh ibu sudah dapat beradaptasi dengan perubahan hormonal yang terjadi sehingga keluhan selama kehamilan dapat diminimalisasi.
Puasa Ibu hamil Per Trimester
Lebih lanjut dibahas tentang kondisi kehamilan ibu per trimester sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan apakah tetap akan menjalani puasa atau memilih menggantinya di hari lain atau dengan membayar fidiah.

Trimester pertama
Di trimester pertama kehamilan (1-13 minggu) umumnya ibu masih menghadapi serangkaian keluhan kehamilan yang memang wajar terjadi pada bulan-bulan pertama ini. Di antaranya mual, muntah, lemas, pusing, dan tubuh ibu masih terus beradaptasi dengan perubahan hormonal yang sedang terjadi. Mual muntah secara berlebihan di trimester awal bisa menyebabkan dehidrasi pada ibu.

Sedangkan pada janin bisa menyebabkan kurangnya nutrisi yang masuk. Padahal nutrisi yang cukup sangat dibutuhkan janin di awal masa pembentukan, pertumbuhan dan penyempurnaan organ tubuhnya.
Namun kalau ibu tidak mengalami gangguan di awal kehamilan, seperti mual-muntah dan merasa kondisinya fit untuk menjalani puasa, ya tidak masalah, puasa saat hamil muda diperbolehkan yang penting konsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk mendapat kepastian kondisi kesehatan ibu dan janin. Di trimester pertama ini berat badan ibu harusnya sudah bertambah, puasa sebaiknya dihentikan bila ada indikasi penurunan berat badan ibu.

Trimester kedua
Seperti sudah disinggung di atas, di minggu-minggu inilah kondisi tubuh ibu hamil sedang “oke-okenya”, keluhan di awal kehamilan umumnya sudah berhenti karena tubuh sudah bisa beradaptasi dengan perubahan hormonal yang terjadi. Ibu hamil sudah bisa makan enak dan berat tubuh terus bertambah seiring pertumbuhan janin.

Jika ibu merasa siap puasa saat hamil 3 bulan. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan:
Idealnya berat badan ibu hamil di trimester ini naik sekitar 0,5 kg per minggu. Sebaiknya puasa saat hamil dihentikan bila ada indikasi penurunan berat badan. Baca juga: Makanan Tepat Ibu Hamil Saat Berpuasa

Ibu harus selalu dalam keadaan sehat, tidak boleh ada keluhan lemas, pusing dan sebagainya. Saat ibu merasa lemas bisa jadi kadar gula dalam darah sedang drop. Bila hal tersebut terjadi ibu disarankan untuk berbuka puasa.
Pilih makanan bergizi seimbang saat buka dan sahur supaya kebutuhan nutrisi ibu hamil terpenuhi. Bila perlu tambahkan sedikit makan setelah salat Tarawih atau minum susu sebelum tidur.

Pastikan gerakan janin tetap terasa. Apabila terjadi penurunan gerakan janin atau janin tidak seaktif biasanya segera konsultasikan ke dokter. Ibu juga bisa merangsang gerakan janin dengan mencoba poisisi berbaring miring sambil mengelus-elus perut.

Intinya ibu harus terus memerhatikan kondisi diri dan janinnya selama puasa saat hamil. Bila semuanya dipastikan baik-baik saja, ibu hamil dipersilakan untuk tetap berpuasa.

Trimester ketiga
Di minggu-minggu ini (29-40 minggu) janin bisa lahir kapan saja. Karenanya lebih baik bila ibu hamil tidak berpuasa di trimester ketiga ini dan menggantinya di hari lain setelah Ramadan atau membayar fidiah. Sebab di trimester ketiga ini janin terus menyempurnakan pertumbuhan organ-organ penting dalam tubuhnya, untuk itu diperlukan asupan dalam jumlah cukup.

Bila kebutuhan akan nutrisi tak tercukupi, dikhawatirkan pertumbuhan janin terganggu. Bila ibu merasa lemas, pusing atau ada gangguan disarankan untuk segera berbuka puasa. Kesehatan ibu dan janin juga harus terus dipantau sembari mengantisipasi kemungkinan majunya waktu persalinan. Namun kalau semua telah dipastikan baik-baik saja, Ibu hamil boleh berpuasa.

Itulah bunda beberapa tips berpuasa saat hamil yang perlu anda ketahui. Tapi alangkah lebih baik jika anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter kandungan anda dan berpuasalah jika dokter anda sudah memperbolehkan anda untuk berpuasa.

author
No Response

Leave a reply "Ini Dia Tips Berpuasa yang Tepat Bagi Ibu Hamil!"