Ini Hal Penting Yang Kamu Wajib Ketahui Tentang Kehamilan

pregnant-woman-zika

Menikah dan memiliki anak, adalah 2 hal yang hingga saat ini sepertinya menjadi perimeter kebahagiaan seseorang. Setelah kamu menikah, langkah selanjutnya adalah, kamu harus memiliki anak. Itulah kenapa kebanyakan pasangan dengan segera merencanakan kehamilan selang beberapa bulan atau setahun setelah pernikahan mereka. Orang-orang di sekitarmu juga pasti mendorongmu untuk segera memiliki anak. Oh, the pressure! Tapi, sayangnya seringkali mereka tak akan memberitahumu tentang hal penting yang kamu wajib ketahui tentang kehamilan.
• Menelusuri Sejarah Medis Keluarga
Ya, hal penting yang kamu wajib ketahui tentang kehamilan yang pertama adalah, kamu wajib mengetahui rekam jejak medis keluarga. Bukan hanya ayah dan ibu saja, tapi juga rekaman medis dari extended family-mu. Terdengar sepele dan merepotkan? Tunggu dulu, Moms.

Hal ini sangatlah penting untuk mengantisipasi kemungkinan adanya kelainan genetik atau komplikasi kehamilan jika Anda hamil nantinya. Karena tahukah kamu, bahwa penyakit yang disebabkan oleh genetik bisa menurun hingga ke generasi-generasi setelahnya? Jangan lupa juga untuk berdiskusi dengan dokter kandungan Anda untuk menyusun langkah-langkah preventif sedini mungkin.
• Vaksinasi Sangatlah Penting
Terlepas dari pandangan yang kamu miliki soal topik ini, satu hal yang jelas adalah: vaksinasi sangatlah diperlukan untuk membantu mengawal kehamilan yang sehat. Ingat, kondisi fisik ibu selama hamil cenderung lemah dan rentan terhadap penyakit. Penyakit seringan flu dan cacar air bisa mengakibatkan komplikasi kehamilan yang berdampak negatif pada janin. So be wise!

Tidak semua vaksin bisa diberikan saat Anda hamil, karena kebanyakan vaksinasi mengandung virus dan bakteri aktif yang bisa berbahaya jika disuntikkan ke dalam tubuh ibu hamil. Namun, jangan keburu parno dulu! Karena vaksinasi yang diberikan pada ibu hamil umumnya mengandung bakteri atau virus yang sudah non-aktif sehingga tak akan menimbulkan dampak negatif. Vaksinasi yang bisa diberikan pada ibu hamil adalah:
– Vaksinasi Hepatitis B
– Vaksinasi Hepatitis A
– Vaksinasi Influenza – hanya boleh diberikan sebelum musim flu dimulai
– Vaksinasi Tetanus, Difteri, dan Pertusis – diberikan pada usia kehamilan minggu ke 27 sampai minggu ke-36.
• Rasa Cemas bisa Memperpanjang Waktu Persalinan
Bayangan akan rasa sakit yang melanda saat bayi keluar dari vaginamemang terdengar menyeramkan. Namun, jika kamumembiarkan rasa takut tersebut mengontrolmu, persalinan yang seharusnya bisa berlangsung lebih cepat malah akan terasa lebih lama. Rasa takut dan rasa cemas akan meningkatkan produksi hormon catecholamine yang mengakibatkan rahim mengalami pelemahan saat kontraksi. Cobalah mengikuti kursus prenatal breathing untuk membantu melatih pernapasan Anda untuk persiapan persalinan.
Demikianlah 3 hal penting yang kamu wajib ketahui tentang kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat.

author
No Response

Leave a reply "Ini Hal Penting Yang Kamu Wajib Ketahui Tentang Kehamilan"