Ini Jenis Takjil Terlarang bagi Ibu Hamil

pregnant_eating

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang diagungkan oleh umat muslim sedunia. Pada bulan suci tersebut diwajibkan bagi para muslim yang mampu untuk berpuasa dengan menahan hawa nafsu, salah satunya adalah menahan nafsu makan dan minum. Namun, tidak semua orang diwajibkan untuk berpuasa. Lansia, ibu hamil, ibu menyusui, dan orang yang sedang dalam perjalanan mendapatkan keringanan untuk tidak berpuasa dan bisa mengganti puasa dengan membayar fidyah atau sedekah. Tapi, cukup banyak ibu hamil yang tetap ingin berpuasa. Untuk Anda yang tetap ingin berpuasa, Bunda wajib tahu berbagai macam hal yang harus masuk ke dalam perhitungan. Salah satunya yang terdengar sepele tapi sangat penting adalah saat membeli takjil atau hidangan pembuka saat berbuka puasa. Karena ternyata ada beberapa jenis takjil terlarangbagi ibu hamil.

 
• Takjil Bersantan
Kolak adalah hidangan berbuka yang paling digemari oleh masyarakat. Tapi, hidangan gurih bersantan ini termasuk ke dalamjenis takjil terlarang bagi ibu hamil. Mengapa? Alasannya adalah karena santan merupakan cairan berlemak yang sulit dicerna oleh tubuh. Lambung Anda akan menghasilkan gas yang jauh lebih banyak selama mencerna santan, dan sebagai dampaknya perut Anda pun akan terasa kembung dan membuat Anda merasa tidak nyaman. Gas tersebut juga bisa memperparah konstipasi yang umumnya dialami oleh ibu hamil saat trimester pertama kehamilan.

 
• Makanan yang Terlalu Manis
Mengkonsumsi makanan manis konon merupakan sunnah dari Rasulullah. Itulah mengapa Anda akan menemukan banyak sekali hidangan takjil dengan rasa yang sangat manis, mulai dari es campur hingga kue-kue basah. Nah, makanan atau minuman dengan kadar gula yang tinggi tersebut wajib Anda hindari selama hamil, Moms. Alasannya, saat Anda mengkonsumsi makanan yang terlalu manis, gula darah Anda akan melonjak tinggi. Terutama bagi ibu hamil, lonjakan gula darah yang terlalu tiba-tiba tersebut akan sangat berbahaya. Tingginya kadar gula darah dapat berdampak pada obesitas baik pada ibu maupun bayi. Selain itu resiko ibu terkena komplikasi kehamilan preeklampsia pun akan semakin besar. Jadi, hati-hati ya Bunda.

 
• Buah-Buahan dengan Rasa Masam
Mengkonsumsi buah-buahan memang sangat disarankan selama kehamilan. Tapi, mengkonsumsi buah sebagai hidangan takjil sangatlah tidak disarankan. Ingat, perut Anda dalam keadaan kosong setelah berpuasa seharian. Mengkonsumsi buah dengan rasa yang masam seperti jeruk atau buah nanas dapat melukai lambung dan mengakibatkan peningkatan asam lambung.

Sudah tahu kan jenis takjil terlarang bagi ibu hamil? Semoga informasi ini bermanfaat.

author
No Response

Leave a reply "Ini Jenis Takjil Terlarang bagi Ibu Hamil"