Ini Lho Hal hal Yang Sering Ditanyakan Seputar Persalinan!

Ini Lho Hal hal Yang Sering Ditanyakan Seputar Persalinan!

Ini Lho Hal hal Yang Sering Ditanyakan Seputar Persalinan!

Proses persalinan merupakan salah satu masa yang telah ditunggu tunggu oleh setiap calon ibu bukan begitu bun? Dan tentunya mendapatkan seoran momongan merupakan sebuah dambaan bagi banyak pasangan setelah menikah. Dan bagi bunda yang ingin menjalani persalinan normal melalui vagina, tidak ada salahnya untuk mempelajari berbagai tips melahirkan normal yang ada di situs katalogibu.com ini.

Nah, dalam hal melahirkan atau persalinan pasti nya bunda memiliki berbagai pertanyaan bukan? Apalagi tentang seputar persalinan bukan begitu bun? Nah, maka dari itu kami dari tim katalogibu.com sudah merangkum beberapa pertanyaan pertanyaan yang sering bunda ajukan, nah simak berikut kumpulan kumpulan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh ibu hamil , dan juga tips persalinan nya:

Pertanyaan pertama yang sering dilontarkan oleh para calon ibu khusus nya ibu hamil yaitu “Apakah tanda-tanda ibu akan melahirkan ?” Nah, pasti sering mendengar kan pertanyan ini bukan? Nah, berikut ini jawaban nya:

Tanda-tanda ibu hamil akan melahirkan yaitu:

Baca juga:

  • Pertama, timbulnya rasa mules dari panggul belakang ke arah depan, mula-mula lemah dan jaraknya panjang,
  • Selanjutnya berangsur-angsur menjadi semakin kuat dan jaraknya semakin pendek dan menjadi teratur bila saat melahirkan tiba.
  • Kemudian, rahim akan terasa kencang bila diraba, terutama saat mules.
  • Ketiga akan ada cairan lendir bercampur darah yang keluar dari jalan lahir
  • Selanjut nya, yaitu keluarnya cairan ketuban yang berwarna jernih kekuningan dari jalan lahir

Pertanyaan kedua yang biasa nya ditanyakan setelah tanda tanda melahirkan yaitu “Bagaimana terjadi pada pembukaan jalan lahir ?” Nah, berikut ini jawaban dari pertanyaan diatas nya:

Proses pembukaan jalan lahir itu sendiri terjadi dikarenakan adanya gerakan otot rahim yang teratur bun dan pada akhir nya akan menyebabkan rasa mules, yang makin lama makin kuat, lama dan sering bun. Namun, pada kelahiran anak pertama bunda, pastinya pembukaan jalan lahir yang bunda jalani ini akan berlangsur selama 12 – 18 jam bun. Dan untuk kelahiran anak kedua dan seterusnya, proses pembukaan ini biasanya akan lebih cepat, yaitu selama 6- 8 jam dari sejak timbulnya rasa mules sampai bayi lahir bun.

Pertanyaan selanjutnya yang juga sering ditanyakan oleh ibu hamil yaitu “Bagaimana posisi mengejan yang baik ?”, Nah, ini jawaban dari pertanyaan cara mengejan yang baik. Posisi yang baik untuk mengejan yaitu posisi bunda saat mengejan harus sesuai dengan keinginan dan kenyamanan ibu, tapi ada beberapa posisi baik yang bisa dilakukan ibu pada saat mengejan, yaitu:

Baca juga:

  1. Pertama, duduk atau setengah duduk, posisi satu ini merupakan posisi yang paling nyaman, di samping memudahkan penolong persalinan dalam memimpin persalinan pada saat keluarnya kepala bayi, dan dalam mengamati perineum bun.
  2. Kedua, yaitu posisi menungging atau posisi merangkak, posisi ini baik dilakukan bila ibu merasakan kepala bayi tertahan di punggungnya, atau posisi ini juga bermanfaat pada bayi yang sulit berputar
  3. Selanjutnya yaitu posisi jongkok atau berdiri bun, posisi jongkok atau berdiri ini dapat membantu turunnya kepala bila persalinan berlangsung lambat atau bila ibu sudah tidak mampu mengejan
  4. Yang terakhir yaitu posisi berbaring pada sisi kiri tubuh, posisi mengejan satu ini yaitu posisi yang nyaman dan mampu mencegah ibu mengejan ketika pembukaan belum lengkap.

Pertanyaan yang sering ditanyakan oleh ibu hamil lainnya yaitu “Apa yang dilakukan bidan atau dokter segera setelah bayi lahir ?” Tentunya bunda punya pemikiran begitu bukan? Nah, maka dari itu simak berikut jawaban nya:

  • Hal pertama yang dilakukan oleh bidan atau dokter setelah bayi lahir yaitu mengeringkan tubuh bayi (tanpa dimandikan) dan membersihkan mulut serta hidung bayi diatas perut ibu bun.
  • Hal kedua yang dilakukan oleh bidan atau dokter setelah mengeringkan tubuh bayi yaitu dengan memotong dan merawat tali pusar bun.
  • Setelah memotong tali pusar, selanjutnya dokter atau bidan akan menghangatkan atau membungkus bayi dan diberikan ibu untuk segera disusui dengan metode kangguru bun.
  • Selain itu dokter atau bidan juga membantu ibu untuk mengeluarkan ari-ari yang biasanya akan lahir 15 menit setelah bayi lahir bun.
  • Setelah mengeluarkan ari ari, dokter atau bidan pun akan memeriksa keutuhan ari-ari yang keluar agar tidak ada yang tersisa di dalam rahim untuk mencegah terjadinya perdarahan pada masa nifas bun.
    Dan yang terakhir dokter atau bidan akan memberkan salep mata pada kedua mata bayi.

Dan pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh ibu hamil yaitu “Apa tanda-tanda bayi yang dilahirkan sehat?” Nah, maka dari itu tim katalogibu.com akan memberikan jawaban nya, ini jawaban nya:

  • Pertama, bayi yang sehat pasti akan segera menangis saat setelah dilahirkan.
  • Kedua, setelah bayi menangis, akan diikuti dengan bernafas spontan bun.
  • Selanjutnya, tidak dapat dipungkiri bahwa bayi yang sehat pasti nya akan banyak bergerak.
  • Keempat, bayi yang sehat pasti nya akan berwarna kulit merah muda bun yang baru saja dilahirkan.
  • Dan yang terakhir yaitu bayi yang sehatan akan memiliki berat badan 2,5 kg atau lebih bun.

Nah, itulah tadi merupakan beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh calon ibu khusus nya ibu hamil bun, dan semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi bunda.

author
No Response

Leave a reply "Ini Lho Hal hal Yang Sering Ditanyakan Seputar Persalinan!"