Ini Lho Makanan yang Sering Diminta Saat Ibu Hamil Ngidam

makanan ibu hamil

Ngidam? Ngidam merupakan kondisi lumrah yang dialami wanita hamil meski tak semua mengalaminya. Saat ngidam biasanya makanan ibu hamil yang diingini bisa aneh-aneh dan unik. Makanan yang biasanya diminta saat ngidam hamil seperti rujak, mangga muda, snack, atau makanan lain yang sangat diidam-idamkan yang sebelumnya tak pernah terpikir untuk mengonsumsinya.

Tak hanya melulu keinginan ibu hamil semata, ngidam biasanya juga dikaitkan dengan pengaruh dari hormon kehamilan. Terkadang, ngidam ini merupakan pertanda bahwa tubuh membutuhkan makanan untuk memenuhi gizi tertentu. Misalnya, ngidam mangga muda, bisa saja itu indikasi bahwa tubuh sedang butuh tambahan vitamin C. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang mendadak bisa menjadi makanan ibu hamil saat ngidam. Yuk, cari tahu jenis dan peringatan yang dibawa oleh tubuh berikut ini:

  1. Cokelat

Cokelat memang terlihat sangat menggiurkan bagi siapapun tak jarang juga menggoda ibu hamil. Saat ngidam cokelat, bukan berarti tubuh Ibu kekurangan cokelat melainkan bisa jadi sedang membutuhkan tambahan magnesium. Pada dasarnya, cokelat yang asli mengandung banyak magnesium yang baik untuk tubuh. Jika Ibu ngidam untuk makan cokelat ini saat hamil, sebaiknya pilihlah cokelat organik atau bisa juga dark chocolate. Selain cokelat, untuk memenuhi kebutuhan magnesium dalam tubuh, tambahkan juga kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran hijau, dan makanan kaya magnesium lainnya.

  1. Makanan manis

Bagi ibu hamil, makanan manis ini juga merupakan penggoda tersendiri saat mengandung. Ngidam makanan manis seperti permen, kue, roti, dan olahan manis lainnya. Ngidam makanan manis seperti ini bisa jadi merupakan sinyal bahwa tubuh tengah mengalami penurunan gula darah sehingga memerlukan tambahan asupan gula dari makanan-makanan manis tersebut. Meskipun demikian, sebaiknya saat mengonsumsi makanan manis tersebut harus tetap dibatasi dan didampingi dengan makanan kaya nutrisi lainnya agar tak terjadi lonjakan gula darah.

  1. Makanan asin atau gurih

Makanan asin atau gurih memang nikmat untuk menjadi camilan saat ngidam, seperti keripik atau popcorn serta makanan ringan lainnya. Ngidam makanan yang asin atau gurih ini bisa jadi merupakan pertanda fluktuasi hormon stres dalam tubuh. Sebelum mendapatkan makanan asin dan gurih tersebut, cobalah untuk bermeditasi atau menenangkan diri sejenak sambil menarik nafas dalam-dalam dan mengehembuskannya secara perlahan. Selain itu, Ibu juga dapat menambah asupan vitamin seperti vitamin B kompleks, B5, dan vitamin C untuk membantu menstabilkan produksi hormon.

Meskipun keinginan mengonsumsi makanan ibu hamil saat ngidam begitu kuat, namun Anda tetap harus memperhatikan keamanan dan kesehatan kandungan. Jangan sampai, gara-gara ngidam kesehatan janin menjadi terganggu ya!

author
No Response

Leave a reply "Ini Lho Makanan yang Sering Diminta Saat Ibu Hamil Ngidam"