Inilah 3 Makanan Sehat Wanita Hamil

No comment 1540 views

wanita hamil

Bu, apakah menjadi wanita hamil menyenangkan? Meskipun hamil muda terkadang menyiksa, tetapi ibu hamil pasti menjalaninya dengan semangat. Nah, sebagai seorang wanita yang baru pertama kali hamil, tentu banyak hal yang harus diketahui terutama kebutuhan gizi ibu hamil. Sebab, bukan hanya berguna untuk kesehatan ibunya saja, tetapi juga untuk mendukung perkembangan janin.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, tidak harus dengan makanan mahal lho! Sayuran dan buah bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memenuhi angka kecukupan gizi ibu hamil. Yuk, simak informasi berikut ini mengenai makanan sehat kaya nutisi untuk wanita hamil:

  • Sayuran Hijau

Selama hamil, Anda membutuhkan asupan nutrisi lebih dibandingkan dengan sebelum hamil. Yah, asupan untuk janin menjadi prioritas utamanya sehingga seorang ibu hamil harus menyediakan semua kebutuhan nutrisinya. Selain itu, kehamilan ini sangat rentan dengan beberapa penyakit seperti sembelit, anemia dan preklampsia.

Ketiga penyakit ini banyak mengintai wanita hamil yang disebabkan oleh faktor gizi dan fisik. Sembelit disebabkan karena kekurangan serat sehingga sistem pencernaannya kurang lancar. Penyebab anemia saat hamil dipicu oleh banyaknya aktivitas yang tidak diimbangi dengan asupan zat besi yang baik. Sedangkan preklampsia dipicu oleh faktor fisik dan mental saat hamil yang menyebabkan kenaikan tekanan darah.

Untuk mengatasinya, ibu hamil sebaiknya mengonsumsi banyak sayuran hijau seperti bayam, kangkung, sawi, dan brokoli untuk kudapan sehat setiap hari. Sayuran ini menyimpan beragam gizi ibu hamil seperti vitamin C, vitamin E, zat besi, folat, dan serat. Pengolahannya yang terbilang cukup mudah tetu tak akan menyulitkan Anda untuk memvariasikan dengan bahan makanan lain menjadi sajian lezat.

  • Nasi Merah

Kudapan ini menjadi cara alternatif yang bisa dijadikan pilihan bagi ibu hamil yang memiliki riwayat diabetes. Namun, Anda yang tidak memiliki riwayat tersebut juga bisa mengonsumsi nasi merah untuk memenuhi kebutuhan serat, zat besi, dan vitamin B.

  • Stroberi

Buah merah ini kaya akan anti oksidan alami yang cocok untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, buah ini banyak mengandung serat, folat, dan vitamin C. Jika selama hamil ini Anda rutin mengonsumsi buah merah ini, dapat mengurangi risiko bayi terjangkit diabetes tipe 2 dan obesitas.

Selain ketiga kudapan tersebut, minyak ikan dan jenis buah-buahan lainnya juga dapat memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil. Dengan memenuhi kebutuhan nutrisinya sejak dalam kandungan, tentu Anda secara tidak langsung telah mengajarkan kepada si Kecil tentang arti kesehatan. Yuk, konsumsi makanan sehat dan bergizi, ya!

author
No Response

Leave a reply "Inilah 3 Makanan Sehat Wanita Hamil"