Inilah 6 Gejala Hamil yang Jarang Diketahui

No comment 2395 views

gejala hamil

Terlambat menstruasi dan mengalami mual pada pagi hari merupakan gejala hamil yang umum diketahui orang. Padahal, gejala kehamilan bukan hanya berkutat pada itu saja, Bu. Masih ada beberapa gejala hamil lainnya yang jarang diketahui orang, seperti berikut ini:

  • Gangguan penglihatan

Adanya peningkatan hormon saat hamil menyebabkan mata kering, gatal, dan tidak nyaman terutama bagi Ibu yang menggunakan soft lens. Untuk mengatasi gejala hamil yang mengganggu mata ini, siasati dengan mengurangi kerja di depan komputer dan lebih sering membersihkan mata dengan air.

  • Payudara nyeri

Nyeri pada payudara merupakan salah satu tanda kehamilan yang tidak banyak disadari. Selain itu, saat hamil payudara akan terasa lebih lembut dan belahan dada terlihat lebih besar dibandingkan saat kondisi tidak mengandung.

  • Gusi berdarah

Saat hamil, Anda akan lebih sering mengalami gusi berdarah. Rajinlah memeriksakan diri ke dokter secara berkala untuk memeriksakan kesehatan mulut dan gusi.

  • Bercak hitam pada kulit

Gejala hamil yang disebut chloasma atau topeng kehamilan ini disebabkan adanya hormon yang merusak pigmentasi kulit. Memang keadaan tersebut tidak berbahaya, tetapi bercak hitam tersebut sangat mencolok dan mengganggu penampilan. Bercak ini akan hilang dengan sendirinya usai Ibu melahirkan.

  • Perut terasa panas

Penderitaan saat memasuki trimester akhir adalah perut terasa panas. Kebiasaan makan atau minum sebelum tidur menjadi pemicu perut yang terasa panas ini. Memang, ibu hamil yang masuk pada usia akhir kehamilan akan lebih sering lapar karena si Kecil yang semakin besar.

  • Sembelit

Sembelit memang sering dirasakan oleh ibu hamil dan bukan menjadi hal yang memalukan lagi. Untuk itu, konsumsi makanan berserat dan memperbanyak minum air putih bisa membantu mengurangi gejala hamil ini.

Nah, itulah beberapa  gejala hamil yang jarang diketahui orang. Pastikan Anda memeriksakan diri secara rutin ke dokter dan mengonsumsi makanan sehat agar kesehatan kehamilan lebih terjaga. Lakukan olahraga rutin untuk menjaga stamina tubuh dan mempersiapkan diri menghadapi persalinan. Tetap sehat, Bu!

author
No Response

Leave a reply "Inilah 6 Gejala Hamil yang Jarang Diketahui"