Inilah Kelebihan dan Kekurangan Water Birth

waterbirth-carousel

Konon menurut beberapa orang rasa sakit yang dirasakan oleh seorang ibu saat melahirkan merupakan salah satu kenikmatan yang hanya bisa dirasakan oleh ibu hamil. Kebanyakan kehamilan sehat akan menempuh jalan persalinan normal, sedangkan sisanya adalah persalinan yang harus menggunakan jalur operasi caesar. Biarpun demikian, masih banyak ibu hamil yang akan melahirkan secara normal dihinggapi rasa ketakutan akan rasa sakit yang akan dirasakannya. Dan itulah mengapa metode Water Birth, yaitu melahirkan dengan menggunakan media air menjadi sangat populer di kalangan ibu-ibu modern. Tapi sama seperti metode persalinan yang lain, ternyata terdapat kelebihan dan kekurangan water birth.
Dan bicara soal kelebihan dan kekurangan water birth, sebenarnya water birth pun telah lama menuai kontroversi di antara tenaga medis. Beberapa pihak mengatakan bahwa melahirkan dengan menggunakan media air ini akan sangat membantu mengurangi rasa sakit saat persalinan dan membuat persalinan menjadi lancar karena ibu merasa lebih rileks. Namun di pihak lain mengatakan bahwa persalinan water birth sangatlah beresiko terhadap kesehatan bayi yang baru lahir.
• (+) Membuat Ibu Lebih Rileks
Ibu yang akan menjalani persalinan water birth akan diminta untuk berendam di dalam air hangat. Air hangat selalu ampuh dalam melemaskan otot-otot sekaligus membuat ibu menjadi lebih rileks. Ibu pun lebih dapat mengatur napas dengan lebih teratur, sehingga proses persalinan pun terasa lebih mudah dan tidak terlalu menyakitkan
• (+) Lebih Mudah Mencari Posisi Persalinan Yang Nyaman
Saat tubuh ibu berada di dalam air, daya gravitasi pun menjadi lebih kecil sehingga tubuh ibu hamil menjadi lebih ringan. Ibu menjadi lebih gampang dalam mencari posisi persalinan yang lebih nyaman. Namun ada satu peraturan yang harus ingat, yaitu jangan sampai Anda memilih posisi persalinan dimana lutut terletak lebih tinggi daripada area pinggul.
• (-) Sindrom Aspirasi Mekonium
Salah satu resiko water birth yang dikhawatirkan oleh beberapa tenaga kesehatan adalah terjadinya sindrom aspirasi mekonium. Sindrom aspirasi mekonium adalah suatu gangguan medis dimana bayi menghirup cairan ketuban yang telah terkontaminasi oleh bakteri sehingga mengakibatkan bayi terkena masalah pernafasan. Ciri-ciri dari ketuban yang telah terkontaminasi bakteri mekonium umumnya berwarna hijau, lengket, dan kental.
• (-) Kerusakan Tali Pusat
Untuk mencegah terjadinya Sindrom Aspirasi Mekonium dan gangguan pernapasan pada bayi lainnya, bayi harus segera diangkat ke permukaan. Namun jika proses pengangkatan tersebut tidak dilakukan dengan hati-hati, maka tali pusat yang menempel pada perut bayi akan robek dan mengakibatkan pendarahan.
Demikianlah ulasan kelebihan dan kekurangan water birth. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Inilah Kelebihan dan Kekurangan Water Birth"