Inilah Latihan Fisik yang Aman untuk Ibu Hamil

ibu hamil

Ibu hamil – Saat hamil, bukan berarti Anda harus sering duduk santai dan bermalas-malasan. Sebab, jika hal ini dibiarkan, justru membuat tubuh ibu hamil tidak sehat dan gampang terkena sakit. Oleh karena itu, akan lebih baik jika memperbanyak aktivitas fisik yang menyehatkan seperti berolahraga.

Olahraga apa yang cocok dilakukan oleh ibu hamil? Banyak pilihan kegiatan menyehatkan yang berguna untuk memperlancar peredaran darah selama hamil sehingga bisa mengurangi pembengkakan. Oleh karena itu, yuk coba beberapa aktivitas sehat berikut ini:

  • Jalan Kaki

Kegiatan ini memang terbilang sederhana dan selalu dilakukan. Namun, jangan meremehkan jalan kaki karena sangat baik untuk kesehatan ibu hamil. Selama mengandung, usahakan menyempatkan diri untuk jalan kaki pada pagi hari selama 15 hingga 30 menit setiap hari dengan pelan-pelan. Jalan kaki terbilang sangat efektif untuk mengurangi pembengkakan di bagian kaki yang wajar terjadi pada ibu hamil.

  • Yoga

Olahraga ini memang sering dikaitkan dengan aktivitas yang menyehatkan dan dapat mengurangi depresi. Yoga ini juga terbilang aman dilakukan ibu hamil karena tidak terlalu berat. Lakukan yoga selama 30 menit sebanyak 2 kali seminggu untuk mengurangi kecemasan menunggu masa persalinan, menjaga mood, dan memperlancar persalinan. Jangan khawatir, si Kecil akan lebih bahagia apabila diajak yoga.

  • Pilates

Untuk mengurangi nyeri dan kram pada bagian perut, lakukan pilates secara rutin. Gerakan pilates yang mengandalkan kekuatan otot perut ini dapat mengurangi nyeri punggung dan memperlancar proses persalinan. Dengan begitu, ibu hamil tak perlu mengeluhkan sakit dan nyeri-nyeri pada punggung lagi.

  • Senam Kegel

Umumnya, senam ini baik dilakukan usai persalinan karena untuk mengembalikan otot-otot organ intim yang kendur. Namun, gerakan senam kegel yang mengandalkan kekuatan otot pada bagian pinggul ini bisa mengurangi nyeri pada bagian pinggul dan punggung. Senam ini juga membantu tubuh untuk memproduksi hormon relaksin yang bisa membantu melemaskan sendi dan ligamen agar persalinan lebih mudah.

  • Renang

Olahraga ini terbilang sangat efektif dilakukan ibu hamil karena dapat mengurangi risiko cedera saat hamil. Selain itu, gerakan renang yang mengandalkan gerakan seluruh tubuh bisa melemaskan otot kaku selama hamil.

Nah, itulah beberapa alternatif olahraga yang bisa dilakukan ibu hamil yang membuatnya makin sehat. Bukan hanya olahraga saja yang harus dilakukan, tetapi memperbanyak makan kudapan bergizi tinggi untuk mendukung pertumbuhan janin. Yuk, berikan yang terbaik untuk si Kecil

author
No Response

Leave a reply "Inilah Latihan Fisik yang Aman untuk Ibu Hamil"