Inilah Mitos Ibu Hamil, Apakah Anda Percaya?

No comment 2310 views

Inilah Mitos Ibu Hamil, Apakah Anda Percaya?Mitos ibu hamil memang menjadi hal biasa di tengah kehidupan masyarakat. Bahkan mitos mengenai kehamilan hingga saat ini masih dipercaya oleh semua kalangan. Mitos banyak sekali yang beredar dimasyarakat, ada yang benar dan ada juga yang salah.
Mitos ada yang bisa diterima oleh logika namun ada pula yang tidak bisa dipercaya, namun semua itu tergantung pada kepercayaan masing-masing dan bagaimana pemahaman kita yang menjalaninya. Berbagai mitos kehamilan yang berkembang di masyarakat menjadi sesuatu yang sudah dianggap biasa.

Berikut mitos kehamilan yang perlu Bunda ketahui kebenarannya:

1. Mual mual hanya pagi hari
Faktanya perubahan hormone pada wanita hamil dapat terjadi sepanjang hari. Sehingga rasa mual bias saja mengampiri pada siang. Sore atau malam hari.

2. Minum air kelapa
Fakta tentang minum air kelapa dapat mempercepat persalinan, sejauh ini belum ada penelitian yang menyatakan bahwa air kepala dapat mempercepat proses persalinan, tetapi air kelapa memiliki khasiat seperti sumber elektrolit alami bagi tubuh khususnya ibu yang sedang hamil.

3. Ibu Hamil dilarang Mandi Malam
Mitos ini tidaklah benar. Di era wanita bekerja di luar rumah sehingga saat tiba di rumah sudah menjelang malam ditambah dengan badan terasa kotor dan berdebu, tentunya mengguyur tubuh menjadi suatu hal yang didambakan.

4. Perlu makan sebanyak banyaknya
Faktanya, ibu hamil yang makan dua kali lebih banyak dari biasanya dan mengalami kenaikan berat badan terlalu besar memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami komplikasi dibandingkan mereka yang menjalani pola makan sehat, teratur dan seimbang.

5. Menggunakan lem
Seorang ibu hamil di China tidak boleh mendekati apalagi menggunakan lem. Kenapa ya? Katanya sih, lem dipercaya dapat menyebabkan komplikasi pada persalinan.
Selain itu, wanita hamil juga tidak boleh menggunting kuku, karena dipercaya menyebabkan cacat pada janin dalam kandungannya.

6. Saling memegang perut
Di Mongolia Ada kepercayaan, kalau dua wanita hamil bertemu, mereka tidak boleh saling memegang perut satu sama lain. Katanya sih, jika dilanggar, jenis kelamin bayi bisa tertukar dengan cara seperti itu.

Mitos kehamilan memang sudah turun temurun di kalangan masyarakat dan hal itu sangat sulit untuk dihilangkan. Namun percaya atau tidaknya mitos tersebut tergantung bagaimana seseorang menyikapinya. Sebab boleh percaya dan boleh tidak percaya, memang pada dasarnya mitos tersebut dapat terjadi dengan benar dan jika dilanggar akan berakibat fatal pada ibu dan si janin. Percaya terhadap mitos ibu hamil memang tidak dilarang asalkan sesuai dan benar adanya.

Baca Juga Cara Melakukan Senam Atau Gerakan Untuk Ibu Hamil

author
No Response

Leave a reply "Inilah Mitos Ibu Hamil, Apakah Anda Percaya?"