Inilah Penyebab Tingginya Angka Kematian Ibu Hamil

Inilah Penyebab Tingginya Angka Kematian Ibu Hamil

Kematian ibu hamil – Setelah menikah, hal yang selau di tunggu oleh pasangan suami istri adalah kehamilan. Dengan adanya kehamilan pasangan suami istri akan memperoleh keturunan. Karena itulah kehamilan merupakan anugrah yang besar untuk pasangan suami istri. Namun adanya gangguan pada saat persalinan membuat beberapa ibu menginggal saat proses persalinan.

Indonesia merupakan negara yang tingkat kematian ibu hamilnya cukup tinggi dan belum ada perbaikan selama beberapa tahun terakhir ini. Angka kematian ibu hamil yang cukup tinggi disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya kesalahan dalam penanganan ibu hamil. Karena seharusnya ibu hamil yang mengalami persalinan tidak normal harus di tangani oleh dokter bukan bidan. Persalinan tidak normal ini contohnya adanya bekas operasi pada ibu hamil. Selain itu penyebab kematian ibu hamil terbesar di Indonesia adalah sebagai berikut.

Penyebab terbesar kematian ibu hamil

1. Preeclampsia
Penyebab terbesar kematian ibu hamil yang pertama yaitu Preeclampsia dimana ditandai dengan adanya peningkatan tekanan darah dan kadar protein. Ibu hamil yang mengalami preeclampsia pada kaki dan tangannya akan membengkak. Jika tidak segera ditangani akan menyebabkan eklampsia yang ditandai dengan adanya kejang – kejang. Keterlambatan penanganan eklampsia akan menyebabkan koma dan lebih parahnya lagi kematian.

2. Infeksi kehamilan
Terjadinya infeksi kehamilan tidak hanya mengancam kematian ibu hamil namun juga mengancam bayi dalam kandungan. Infeksi kehamilan ini terjadi karena ketuban pecah.

3. Pendarahan
Ancaman lain ibu hamil yang sangat berbahaya yaitu adanya pendarahan yang terjadi pada sebelum, sewaktu, dan sesudah melahirkan. Adanya kasus ari-ari yang menutupi jalan lahir atau tertinggal adalah penyebab dari terjadinya pendarahan.

Sebenarnya masih banyak penyebab kematian ibu hamil, namun 3 penyebab diatas adalah angka tertinggi terjadinya kematian pada ibu hamil. Agar tidak beresiko mengalami kematian saat melahirkan ibu hamil sangat dianjurkan untuk selalu hidup sehat selama kehamilan dan merubah gaya hidup sedini mungkin agar tidak menyesal kemudian hari.

Ibu hamil yang sehat akan beresiko kecil mengalami kematian, untuk itu jika Anda menderita penyakit infeksi harus menunda kehamilan dulu hingga dinyatakan benar – benar sembuh oleh dokter. Baca juga : Sebaiknya Melakukan Hal Ini Untuk Persiapan Persalinan!

author
No Response

Leave a reply "Inilah Penyebab Tingginya Angka Kematian Ibu Hamil"