Iniloh Penyakit Yang Sering Diderita Saat Hamil!

penyakit saat hamil

penyakit saat hamil – Sebagian penyakit yang diderita ibu hamil apabila ditangani dengan baik dan tepat tidak akan membahayakan bagi janinnya. Beberapa obat – obat yang dikonsumsi oleh ibu hamil juga tidak akan memberikan efek negatif pada janin yang ada dalam kandungannya. Meskipun demikian ibu hamil tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi obat – obatan yang berlebihan tanpa resep dari dokter terlebih dahulu.

Berikut adalah penyakit saat hamil beserta dengan cara penanganannya :

Penyakit yang sering dialami saat hamil dan cara penangannya

  • Demam

Demam merupakan penyakit yang disebabkan karena temperatur suhu tubuh pada ibu hamil mengalami peningkatan yang dikarenakan oleh hormon – hormon kehamilan dan juga peningkatan metabolisme tubuh ibu hamil. Bila anda meraskan demam yang tinggi beriku adalah cara yang aman untuk menurunkan suhu tubuh :

1. Mengenakan pakaian yang tebal

Memakai pakaian yang tebal atau berlapis – lapis akan membantu menahan suhu tubuh. Sedangkan apabila anda mengenakan pakaian yang tipis akan membuat suhu tubuh semakin meningkat dan menggigil. Gunakan pakaian yang ringan dan longgar sehingga memungkinkan udara bersikulasi dengan lancar melalui kulit anda. Gantilah pakaian sesering mungkin jika anda mengeluarkan banyak keringat. Buka jendela, nyalakan AC atau jika perlu anda dapat keluar dari rumah. Udara yang sejuk akan membantu menurunkan suhu tubuh anda.

2. Mengeluarkan banyak keringat

Perlu anda ketahui bahwa dengan berkeringat dapat membantu untuk menurunkan suhu tubuh anda, jadi anda tidak perlu khawatir apabila mengeluarkan keringat saat demam. Tapi berkeringat juga akan menghabiskan banyak cairan oleh karena itu banyak – banyaklah meminum air putih agar anda terhindar dari dehidrasi.

3. Berendam atau mandi dengan air hangat

Setelah anda mandi atau berendam dengan air hangat biarkan air pada tubuh anda mengering dengan sendirinya. Membersihakan air pada tubuh dengan handuk dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kulit sehingga suhu tubuh anda akan kembali naik lagi.

4. Konsumsi obat dari dokter

Pada ibu hamil obat asetaminofen lebih aman dibandingkan dengan obat aspirin. Konsumsilah obat ini dengan resep dokter dan dosis yang tepat agar tidak membahayakan janin anda.

  • Flu

Jika anda terserang flu maka pengobatan yang paling tepat adalah dengan beristirahat yang cukup, meningkatkan asupan nutrisi, dan juga minum air dengan jumlah yang banyak. Jika anda memerlukan obat – obatan maka obat – obatannya diharuskan dengan resep dokter. Flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus jadi flu pada ibu hamil akan sembuh dengan sendirinya selama daya tahan anda masih terjaga dengan baik.

  • Pusing

Apabila pusing disebabkan karena hormonal berarti anda tidak perlu mengkonsumsi obat – obatan. Solusinya adalaha tidur yang cukup dan menghilangkan stress. Tetapi jika pusing dikarenakan anemia maka jangan lakukan aktivitas – aktivitas yang terlalu berat dan banyak mengeluarkan energi. Jika ibu mengalami pusing dikarenakan tekanan darah rendah maka disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi dan apabila masih berlanjut segera menghubungi dokter.

  • Diare

Untuk menyembuhkan diare pada ibu hamil secara aman adalah dengan meminum minuman yang mengandung isotonik karena bisa membantu untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

  • Perut kembung

Perut kembung disebabkan karena gangguan pada gerakan peristaltik atau meningkatnya asam lambung. Jika anda mengalami ini maka konsumsilah makanan yang banyak mengandung serat dan air putih sehingga menghindarkan terjadinya konstipasi.

Nah itulah beberapa penyakit saat hamil serta cara penanganan yang tepat. Jaga kondisi tubuh anda saat hamil, hal tersebut juga akan membuat kondisi janin yang ada didalam kandungan anda tumbuh dengan optimal dan juga jaga selalu asupan gizi dan nutrisi anda. Semoga bermanfaat. Baca juga yuk tentang Iniloh 10 Tanda Bahaya Saat Berolahraga Dimasa Kehamilan

 

author
No Response

Leave a reply "Iniloh Penyakit Yang Sering Diderita Saat Hamil!"