Iniloh Penyebab Gatal – Gatal Pada Kehamilan Trimester Kedua!

kehamilan trimester 2

Penyebab Gatal Saat Hamil – Gatal – gatal merupakan salah satu bagian yang sangat menganggu bagi wanita yang sedang hamil. Ini dikarenakan kulit wanita menjadi lebih sensitif ketika dalam keadaan hamil ditambah lagi dengan kebiasaan yang buruk pada saat hamil misalnya seperti mandi dengan air hangat, mandi dengan waktu yang lama, dan mandi menggunakan spons kemudian menggosoknya kepermukaan kulit dengan terlalu keras yang bisa membuat lapisan kulit epidermis mengelupas sehingga bisa membuat kulit jadi mudah gatal. Berikut adalah beberapa penyebab gatal saat hamil trimester kedua yang perlu bunda ketahui seperti yang dikutip oleh tim katalogibu.com:

Penyebab – penyebab gatal saat hamil trimester kedua

  • Penyebab – penyebab gatal pada ibu hamil

Dengan seiring membesarnya perut ibu maka daerah lipatan – lipatan disekitar perut akan semakin banyak dan beresiko untuk terinfeksi dan terasa gatal. Rasa gatal tersebut bisa disebabkan karena alergi tertentu bisa dikarenakan alergi pada jenis obat – obatan tertentu dan makanan. Gatal – gatal juga bisa disebabkan karena adanya gangguan – gangguan tubuh pada ibu hamil seperti biduran, strech mark dan lain sebagainya.

Untuk penyebab gatal pada hamil trimester kedua yang lain adalah kholestatis. Kholestatis adalah sebuah fungsi saluran empedu yang disebabkan oleh penyaluran asam empedu yang tidak normal dari organ hati keorgan usus kecil. Gangguan ini bisa menyebabkan rasa gatal pada ibu hamil. Rasa gatal tersebut diakibatkan oleh adanya gangguan pada saluran empedu sehingga fungsi pada kandung empedu mulai berkurang.  Baca juga yuk artikel tentang Tips Cerdas Mengatasi Demam Pada Anak!

Pengurangan fungsi kandungan empedu ini menyebabkan meningkatnya bilirubin pada organ hati sehingga bisa ketika memasuki aliran darah bisa memunculkan rasa gatal. Selain itu ada ganggua gejala lain yaitu pruritus yang sering muncul pada trimester dua dan trimester tiga. Pruritus ini muncul pada perut akibat distensi pada kulit yang ada dibagian perut. Hal seperti ini sering kali menimbulkan strech mark yang sulit dihilangkan bahkan ketika sudah melahirkan. Untuk rasa gatal yang diakibatkan oleh kholestatis sangat erat hubungannya dengan naikknya kadar pada empedu.

Banyak hal yang harus diketahui dan diperhatikan pada ibu hamil supaya rasa gatal tersebut tidak menyebabkan efek yang lebih lanjut yaitu dengan cara menahan agar tidak menggaruknya secara berlebihan atau kasar terutama pada bagian perut.

Itulah bunda beberapa penyebab gatal saat hamil trimester kedua yang perlu bunda ketahui. Jika muncul rasa gatal pada ibu hamil sebaiknya segera membawanya kedokter untuk mendapat penanganan dini. Meskipun tidak terlalu bahaya tapi membiarkannya tidak berkelanjutan merupakan upaya yang sangat bijaksana.

author
No Response

Leave a reply "Iniloh Penyebab Gatal – Gatal Pada Kehamilan Trimester Kedua!"