Iniloh Tahap – Tahap Persalinan yang Perlu Diketahui!

prosespersalinan

tahap persalinan – Pada umunya proses persalinan dibagi menjadi tiga tahap. Dengan mengetahui tahap – tahap persalinan bunda dapat mempersiapkan hal – hal apa saja yang dibutuhkan saat menjelang persalinan. Berikut adalah tahap persalinan yang wajib bunda ketahui :

Tahap – tahap yang harus diketahui bunda menjelang persalinan

1. Tahap pertama

Pada tahap ini dimulai dari tanpa pembukaan hingga pembukaan kedua pada ibu hal ini terjadi selama 24 – 48 jam, proses terbukanya jalan lahir pada bayi juga berbeda bagi tiap – tiap ibu.

  • Perhatikan gejalanya

Gejala yang sering terjadi pada ibu hamil saat menjelang persalinan adalah perut terasa mulas. Rasa seperti ini akan datang secara beraturan hingga akan terasa setiap 5 menit pada ibu hamil. Hal inilah yang disebut dengan kontraksi menjelang persalinan biasanya juga ada ibu hamil yang merasa mual, kembung, nyeri punggung bahkan ada yang merasa diare dan pusing. Mengapa hal tersebut bisa terjadi pada ibu hamil ? Karena pada saat menjelang persalinan sistem pencernaan ibu akan mengalami sedikit masalah. Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan untuk banayk minum air putih dan juga mengkonsumsi makanan ringan seperti sup.

  • Munculnya flek

Yang perlu bunda tahu saat hamil secara alami mulut rahim akan tertutup oleh semacam sumbat seperti lendir kental. Sumbat lendir ini bertugas untuk menjaga kehamilan agar bisa berjalan dengan baik dan untuk melindungi janin dari kuman. Bunda juga perlu tahu pada awal pembukaan mulut rahim sumbat lendir itu akan terbuka dan lendir yang memiliki warna merah akan mudah keluar dari vagina tapi bunda tidak perlu cemas karena hal tersebut muncul secara alami yang disebut dengan flek menjelang persalinan.

  • Ketuban pecah

Tanda – tanda yang umum saat persalinan adalah ketuban pecah. Cairan ketuban adalah cairan yang mengelilingi bayi saat didalam kandungan, saat waktu melahirkan tiba kantung cairan ketuban akan pecah dan keluar melalui vagina. Bunda juga harus sangat berhati – hati terhadap bahaya infeksi yang menyerang saat ketuban pecah. Jagalah selalu kebersihan area kewanitaan dan juga segera hubungi dokter untuk memastikan apakah sudah tiba waktunya untuk melahirkan.

  • Kontraksi

Kontraksi merupakan salah satu tahap panduan bagi bunda untuk mengetahu kapan akan melahirkan. Pada umumnya kontraksi akan terjadi pada minggu ke 38 – 40 kehamilan, pada masa seperti ini kepala janin akan mulai turun ke rongga panggul bersamaan dengan otot – otot rahim akan melakukan gerakan mengerut dan juga meregang secara beraturan. Menjelang persalinan kontraksi tersebut akan terasa lebih kuat dan merangsang ibu untuk mendorong bayi keluar. Dan ingat aturlah pernapasan anda.

2. Tahap kedua

Pada tahap kedua ini pembukaan akan terjadi 3 – 10 dan berlangsung kiran – kira selama 7 jam jika kelahiran anak pertama dan bisa berkurang sampai 31/2 jam pada kelahiran anak kedua atupun seterusnya. Kontraksi yang makin meningkat biasanya bersamaan dengan pembukaan mulut rahim. Apabila mulut rahim sudah terbuka hingga 10cm maka bayi akan siap lahir. Biasa kelahiran bayi berlangsung selama 1 jam tergantung dari ibu yang melahirkan.

  • Ayo dorong

Dengan rasa mulas yang semakin tinggi ibu akan tahu kapan waktunya untuk mendorong bayinya keluar. Ketika kepala bayinya sudah keluar dokter akan meminta anda untuk mengatur pernapasan dan berhenti mendorong untuk mengurangi sobekan pada jalan lahir. Setelah melahirkan rasa sakit yang anda rasakan akan terbayar dengan melihat buah hati anda lahir dengan selamat.

3. Tahap ketiga

Setelah buah hati anda lahir masih ada tahap selanjutnya yaitu mengeluarkan plasenta. Ibu jangan merasa takut karena sakit dokter akan membantu nada dengan memberikan suntikan agar anda tidak merasa sakit.

  • Mengeluarkan plasenta

Dengan dibantu suntikan penghilang sakit dari dokter pengeluaran plasenta akan terjadi selama 5 – 15 menit. Proses pengeluaran plasenta akan terjadi kontraksi lagi tapi tidak sehebat saat menjelang persalinan. Untuk memeriksa apakah plasenta sudah keluar semua dari rahim dokter akan memeriksa dengan cara menekan perut anda dan menarik pelan – pelan tali pusar agar plasenta keluar. Setelah plasenta keluar semua kemudian barulah tubuh ibu dibersihakan.

  • Inisiasi dini

Pada ummnya saat bayi baru lahir dokter akan meminta anda untuk meletakkan sikecil diatas tubuh anda sambil mencoba menyusui. Langsung menyusui bayi yang baru lahir adalah cara terbaik untuk meembangun ikatan batin antara ibu dan anak.

Nah, bunda itulah tahap persalinan yang wajib perlu bunda ketahui. Jangan khawatir ya bunda saat menjelang persalinan karena suami dan kerabat anda setia menunggu disamping anda. Semoga proses persalinan berjalan dengan lancar dan juga bayi lahir dengan selamat bunda. Baca juga yuk artikel tentang 4 Tips Aman Mempercepat Kelahiran

author
No Response

Leave a reply "Iniloh Tahap – Tahap Persalinan yang Perlu Diketahui!"