Kapankah Usia Terbaik untuk Hamil?

No comment 2496 views

Kapankah Usia Terbaik untuk Hamil?

Usia terbaik untuk hamil – Menikah merupakan salah satu tahapan untuk mempertahankan keturunan. Namun tidak semua orang yang telah menikah ingin langsung mempunyai momongan, ada beberapa faktor penundaan ini seperti keadaan ekonomi, belum siap secara fisik, dan lain – lain. Semua alasan tersebut dapat diterima karena hamil harus mempersiapkan secara jasmani dan rohani.

Tapi hal ini membuat para peneliti melakukan penelitian untuk menentukan usia ideal untuk hamil dan melahirkan. Jika program pemerintah telah menetapkan bahwa usia ideal untuk menikah yaitu 25 tahun untuk laki – laki dan 21 tahun untuk perempuan, berarti berapa usia terbaik untuk hamil? Jika Anda bingung dengan hal tersebut berikut ulasannya untuk Anda.

Berapa usia yang tepat untuk hamil?

Sebelum usia 25 tahun
Banyak ahli kesehatan berpendapat perempuan berada dalam puncak kesuburannya pada usia 24 tahun. Ketika seorang perempuan memasuki usia 25 tahun kesuburan akan menurun, namun masih bisa hamil. Meskipun kesuburan menurun, perempuan tetap memiliki banyak peluang hamil sampai usia mereka memasuki usia 30 tahun.

25 hingga 35 tahun
Mayoritas perempuan berpendapat usia 25 sampai 35 tahun merupakan usia terbaik untuk hamil. Alasannya, di usia tersebut seorang perempuan sudah merasa mapan dan memiliki pengalaman yang cukup. Selain itu keadaan fisik, emosional dan ekonomi sudah cukup stabil untuk menunjang kehidupan si kecil.

Diatas usia 35
Wanita mengalami penurunan kesuburang sekitar usia 30 tahun. Jika Anda hamil pada usia dibawah 35 tahun akan mengalami keguguran 15%, tapi seiring bertambahnya usia akan bertambah pula resikonya. Saat hamil pada usia 35 hingga 40 tahun akan mengalami resiko keguguran sebanyak 35% dan 50% untuk usia diatas 45 tahun.

Setelah Anda mengetahui usia terbaik untuk hamil dari informasi di atas, sebaiknya Anda harus memulai merencanakan kehamilan dengan suami Anda. Jangan menunda – nunda kehamilan karena wanita memiliki usia biologis yang terus berbutar dan tidak dapat diulangi lagi. Dan jangan lupa untuk berkonsultasi kepada dokter kandungan saat akan merencanakan kehamilan. Baca juga : 5 Cara Ampuh dan Menyehatkan Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

author
No Response

Leave a reply "Kapankah Usia Terbaik untuk Hamil?"