Kenali 4 Penyebab Anemia pada Ibu Hamil

No comment 1338 views

Kenali 4 Penyebab Anemia pada Ibu Hamil

Anemia pada ibu hamil – Ibu hamil termasuk kedalam golongan yang mudah terserang anemia. Walaupun anemia bukan merupakan kelainan kehamilan namun hal ini harus tetap ditangani karena dapat membahayakan ibu dan janin. Karena saat kehamilan harus memproduksi banyak darah untuk penunjang perkembangan bayi.

Walaupun hal ini umum terjadi pada ibu hamil namun Anda tidak boleh meremehkannya karena dapat berdampak negatif pada ibu hamil dan janin dalam kandungan. Anemia pada ibu hamil terjadi jika kadar hemoglobin dibawah 11 gram % ketika usia kehamilan trimester pertama dan ketiga. Sedangkan seharusnya kadar hemoglobin yang normal untuk ibu hamil yaitu 10,5gram/dL pada trimester akhir.

Untuk mencegah anemia pada kehamilan ketahui dulu penyebab dan cara pencegahannya berikut ini.

Penyebab anemia pada ibu hamil

1. Umur ibu hamil
Kebanyakan ibu hamil yang terserang anemia ketika hamil diusia kurang dari 20 tahun dan lebih dari 35 tahun, hal ini terjadi pada 74,1% ibu hamil. Anemia ini beresiko ibu hamil mengalami pendarahan sehingga dapat mengancam keselamatan ibu dan janin.

2. Kekurangan energi
Ibu hamil dikatakan kekurangan energi jika mempunyai lingkar lengan atas kurang dari 23,5 cm. Ibu hamil yang mempunyai lingkar lengan tersebut mencerminkan kekurangan energi dan protein yang diperoleh dari makanan sehari – hari. Hal ini juga biasanya diiringi dengan kekurangan zat besi untuk pembentukan darah sehingga dapat dipasktikan ibu hamil yang kekurangan energi dapat menderita anemia.

3. Penyakit dan ifeksi
Wanita yang sedang hamil sangat rentan dengan ancaman virus dan penyakit. Pada ibu hamil yang terinfeksi virus penyakit ini akan kekurangan banyak cairan dan zat besi, sehingga ibu hamil akan mengalami anemia. Tidak hanya itu, infeksi juga dapat mengancam pentumbuhan janin, cacat janin dan bayi meninggal dalam kandungan.

4. Dekatnya jarak kehamilan
Jarak kehamilan yang terlalu dekat dapat menyebabkan ibu hamil mempunyai waktu yang sangat singkat untuk memulihkan kondisi ke sebelumnya. Pada ibu hamil dengan jarak dekat beresiko terjadi anemia dalam kehamilan, karena cadangan zat besi ibu hamil pulih akhirnya berkurang untuk keperluan janin yang dikandungnya.

Cara Mengatasi Anemia Pada Ibu Hamil

Nah, setelah bunda mengetahui beberapa penyebab anemia maka langkah selanjut nya yaitu bunda harus mengetahui bagaimana sih cara mengatasi anemia pada ibu hamil dengan cepat nya? Nah, salah satu cara mengatasi anemia pada ibu hamil dengan cepat nya yaitu dengan mengkonsumsi makanan tertentu yang bisa meningkatkan jumlah hemoglobin di dalam darah bun.

Nah, makanan makanan tertentu itu sudah kami siapkan untuk bunda, maka dari itu yuk simak berikut ini kumpulan makanan yang dapat mengatasi anemia pada ibu hamil:

  • Daging

Makanan pertama yang dapat mengatasi anemia terutama pada ibu hamil yaitu daging bun, dengan mengkonsumsi daging maka penyakit anemia bunda akan segera teratasi bun. Dikarenakan daging yang segar ini memiliki protein yang yang dapat meningkatkan jumlah produksi hemoglobin pada dalam darah bun. Selain itu daging juga bermanfaat untuk mengatasi sel darah merah yang rusak bun, nah daging yang sangat kami saran kan untuk penderita anemia ini yaitu daging kambing bun. Dikarenakan daging kambing ini memiliki jumlah protein yang lebih banyak dari pada daging lainnya.

  • Bawang Merah

Nah, cara mengatasi anemia yang kedua yaitu dengan mengkonsumsi bawang merah bun. Selain dicampur dengan telur, bawang merah juga dapat dijadikan ramuan tersendiri untuk mengatasi penyakit anemia bun. Caranya yaitu rebus daun bawang merah seberat 60 gram yang dicampur dengan 1 butir kuning telur. Kemudian minum ramuan tersebut setiap hari dua kali.

Untuk mencegah anemia pada ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang beragam seperti sayuran berwarna hijau, protein hewani dan kacang – kacangan, jangan lupa pula untuk mengkosumsi makanan yang mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi.

author
No Response

Leave a reply "Kenali 4 Penyebab Anemia pada Ibu Hamil"