Kenali 6 Penyebab Lidah Terasa Pahit saat Hamil Muda

Kenali 4 Penyebab Lidah Terasa Pahit saat Hamil Muda

lidah terasa pahit saat hamil – Ketika usia kehamilan trimester pertama ibu hamil akan mengalami banyak keluhan secara fisik maupun psikis, hal ini terjadi karena pengaruh perubahan hormon pada masa kehamilan. Walaupun setiap ibu hamil memiliki keluhan yang berbeda – beda tapi pada umumnya beberapa keluhan banyak dialami oleh ibu hamil muda.

Salah satu keluhan ibu hamil muda yang sering terjadi yaitu lidah terasa pahit saat hamil bahkan kasus ini terjadi oleh beberapa ibu hamil disepanjang kehamilannya. Lidah terasa pait biasanya terjadi jika kita sedang terserang penyakit, namun ternyata hal ini juga dialami oleh ibu hamil. Ketika lidah terasa pait akan membuat tidak nafsu makan padahal ibu hamil harus memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizinya. Untuk itu mari kenali dulu penyebab hamil muda lidah terasa pahit sebelum melakukan penanganan selanjutnya.

Penyebab lidah terasa pahit saat hamil

1. Masalah mulut dan gigi
Salah satu penyebab lidah terasa pahit saat hamil muda karena adanya gangguan pada mulut dan gigi seperti radang gusi ataupun gigi berlubang. Untuk itu sangat penting melakukan perawatan mulut dan gigi dengan cara rutin membersihakan gigi untuk mengurangi bakteri dan kuman yang dapat menyebabkan sakit gigi.

2. Sakit lambung
Jika menderita penyakit lambung maka otomatis lidah akan merasa pait karena asam lambung yang naik dan mengalami muntah. Untuk menghindari penyakit lambung jangan mengkonsumsi secara berlebihan makanan yang asam, pedas, dan berlemak selain itu Anda juga harus mengurangi stress karena stress juga memicu penyakit lambung.

3. Menghirup Zat
Orang yang merokok dapat mempengaruhi pola makan karena menghirup zat yang mempengaruhi selera makan. Bahkan adanya bahan kimia yang terhirup akan menyebabkan rasa logam di mulut dan menyebabkan yang menghirup mengalami bersin-bersin.

4. Mengkonsumsi Obat
Mulut yang terasa pahit saat hamil dapat disebabkan karena jenis obat yang dikonsumsi. Sehingga ibu hamil yang sedang sakit cenderung merasakan rasa pahit pada mulutnya.

5. Kekurangan vitamin
Ibu hamil muda sangat penting untuk mendapatkan asupan vitamin yang banyak, untuk menghindari lidah pahit harus memperbanyak asupan vitamin B12 dan zinc.

6. Hormon tidak seimbang
Ibu hamil memang mengalami ketidak seimbangan hormon selama masa kehamilannya, hormon yang tidak seimbang ini akan menyebabkan menurunnya estrogen sehingga mempengaruhi indera pengecap. Masalah ini disebut dengan dysgeusia yang umumnya tejadi pada ibu hamil muda. Lidah terasa pahit tanda hamil normal, artinya bukan merupakan masalah yang membahayakan untuk kehamilan Anda.

Untuk mengatasi lidah terasa pahit saat hamil , disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang rasanya asam dan usahakan berasal dari rasa asam alami seperti buah – buahan karena lebih menyehatkan untuk ibu hamil. Makanan yang asam ini dapat memberi stimulasi indera pengecap sehingga dapat mendongkrak nafsu makan ibu hamil.

Selain itu Anda juga dapat mengatasi lidah pahit saat kehamilan dengan menyeduh segelas teh hangat yang manis, Anda dapat meminumnya secara rutin hingga lama kelamaan rasa pahit di lidah ibu hamil akan berkurang dan hilang dengan sendirinya. Namun untuk Anda yang memiliki sensitifitas pada rasa manis maka dapat mengkonsumsi buah kaleng atau selai dengan menambahkan sedikit garam. Jika kondisi ini tidak segera membaik maka Anda harus berkonsultasi kepada dokter kandungan agar dapat mengetahui penyebab dan cara mengatasnya yang tepat. Baca juga : 4 Manfaat Besar Buah Alpukat untuk Ibu Hamil!

author
No Response

Leave a reply "Kenali 6 Penyebab Lidah Terasa Pahit saat Hamil Muda"