Kenali 5 Perubahan Sebagai Tanda Awal Kehamilan

tanda-tanda-kehamilan

Pernahkah Ibu merasa ada perubahan bentuk tubuh pasca menstruasi yang terlambat? Tanda awal kehamilan memang mudah dikenali karena terdapat perubahan bentuk tubuh seorang wanita. Jika Ibu pernah hamil sebelum ini, tentu lebih mudah mengenali adanya kehamilan kedua.

Namun bagi yang Ibu yang belum pernah mengandung, perlu memahami tanda awal kehamilan sejak dini. Yuk, simak informasi berikut ini mengenai beberapa tanda awal kehamilan:

  • Perubahan payudara

Jika saat ini Ibu merasa adanya perubahan payudara, seperti terlihat bengkak dan sering merasakan nyeri, bisa jadi itu merupakan tanda awal kehamilan. Ukuran payudara terlihat lebih besar karena mempersiapkan diri untuk memproduksi ASI.

Payudara juga terasa sangat lembut dan lebih sensitif. Area aerola payudara terlihat lebih gelap daripada sebelum hamil. Jika perubahan payudara ini sudah Ibu rasakan, segeralah melakukan tes menggunakan test pack.

  • Perubahan bentuk tubuh

Bukan hanya perubahan payudara saja yang Ibu rasakan, adanya perubahan perut yang mulai membesar merupakan tanda awal kehamilan. Beberapa bagian tubuh lain seperti pantat, paha, dada, dan lengan juga mengalami pembengkakan. Cobalah bercermin dengan memperhatikan seluruh badan, adakah perubahan bentuk tubuh, Bu?

  • Perubahan mood

Wanita hamil bisa jadi mengalami perubahan mood secara drastis. Ibu bisa jadi marah pada suami karena hal yang sepele dan tidak lama kemudian berubah menjadi ceria kembali. Tanda awal kehamilan ini memang wajar karena ada perubahan hormon progresteron dalam tubuh ibu hamil.

  • Perubahan selera makan

Biasanya, Ibu hamil mudah mengalami perubahan selera makan selama hamil. Makanan yang sebelumnya dibenci sebelum hamil, kini bisa berubah menjadi kudapan enak yang wajib ada dalam menu sarapan. Bisa jadi Ibu juga tidak menyukai bau makanan tertentu meskipun sebelumnya menjadi sajian favorit.

  • Perubahan indera penciuman

Adanya perubahan indra penciuman pada wanita hamil merupakan salah satu cara melindungi janin dari racun yang tersebar luas di sekitar Ibu. Tanda awal kehamilan ini membuat Ibu tidak tahan dengan bau tertentu yang terkadang memicu mual-mual.

Nah, itulah 5 perubahan sebagai tanda awal kehamilan yang bisa Ibu jadikan referensi dini untuk mendeteksi adanya janin dalam kandungan. Periksakan ke dokter untuk memastikan kehamilan tersebut. Selamat ya Bu, atas kehamilannya!

 

author
No Response

Leave a reply "Kenali 5 Perubahan Sebagai Tanda Awal Kehamilan"