Kenali Penyebab Kehamilan Ektopik Berikut!

No comment 1168 views

Kenali Penyebab Kehamilan Ektopik Berikut!

Kehamilan ektopik – Pernahkah Anda mendengar hamil di luar rahim atau dikenal dengan istilah kehamilan ektopik? Kehamilan ini merupakan jenis kehamilan yang tidak normal karena seharusnya setelah sel telur dibuahi akan menempel dan berkembang pada rahim. Namun jika mengalami kehamilan yang tidak normal seperti ini biasanya sel telur yang telah dibuahi akan menempel pada organ lain seperti tuba falopi, ovarium, rongga perut hingga pada leher rahim.

Penyebab kehamilan ektopik ini biasanya terjadi akiat kerusakan pada tuba falopi sehingga mengahalangi sel telur yang telah dibuahi dapat masuk ke dalam rahim. Kehamilan abnormal ini menimpa 1% dari seluruh kehamilan, walaupun demikan Anda tetap harus waspada dan jika terjadi ini merupakan kondisi darurat yang harus mendapatkan pertolongan medis secepatnya. Untuk lebih mengenali kehamilan ektopik berikut merupakan faktor penyebabnya.

Faktor yang menyebabkan kehamilan ektopik

1. Adanya program keluarga berencana sehingga Anda harus memutuskan untuk menggunakan alat kontrasepsi. Ada beberapa jenis alat kontrasepsi salah satunya IUD, diduga penggunaan alat kontrasepsi ini dapat memicu terjadinya kehamilan ektopik.

2. Ibu hamil yang sebelumnya pernah mengalami hal ini beresiko 15 hingga 20 persen akan hamil dalam kondisi yang sama pula. Jadi Anda harus lebih waspada jika dulu pernah mengalami kehamilan ektopik.

3. Wanita yang mempunyai penyakit radang panggul atau mengidap infeksi tuba falopi beresiko tinggi mengalami kehamilan di luar kandungan. Penyakit berbahaya dan menular yang dapat menyebabkan kehamilan ektopik yaitu gonore ata klamidia, ini merupakan penyakit kelamin yang dapat ditularkan.

4. Jika Anda memiliki masalah kesuburan kemudian melakukan pengobatan malah mengakibatkan kehamilan ektopik.

5. Kehamilan ektopik juga dapat disebabkan oleh proses pengikatan atau pembukaan ikatan tuba yang tidak sempurna.

Pada awalnya kehamilan ektopik ini tidak terlihat dan cenderung seperti kehamilan biasa, namun lama kelamaan akan muncul gejala laun seperti nyeri pada tulang panggul, pendarahan ringan yang terjadi pada vagina, rasa sakit atau tekanan pada rektrum ketika Anda buang air besar dan jika tuba falopi sobek akan mengalami pendarahan yang hebat sehingga menyebabkan hilang kesadaran. Baca : 4 Keluhan Kehamilan 6 Bulan yang Harus Diperhatikan!

author
No Response

Leave a reply "Kenali Penyebab Kehamilan Ektopik Berikut!"