Kenali Yuk Penyebab Ibu Hamil Terkena Insomnia

Berikut Pencegahan Kejang dan Keracunan pada Kehamilan

Insomnia pada masa kehamilan merupakan satu hal yang cukup sering dialami, tidak hanya pada ibu hamil yang menginjak usia kehamilan akhir, ibu yang sedang hamil muda pun cukup sering mengalami kesulitan tidur. Hal tersebut tentunya sangat berpengaruh terhadap kondisi mood Anda, sehingga tak mengherankan jika Anda mengalami perubahan mood yang tidak seimbang alias mood swing. Nah, salah satu langkah awal untuk mengatasi insomnia adalah dengan mengetahui terlebih dulu apa penyebab ibu hamil terkena insomnia. Dan untuk mengetahuinya, Anda wajib baca terus artikel ini hingga akhir. Selamat membaca.

 
• Pengaruh Hormon
Salah satu penyebab ibu hamil terkena insomnia adalah akibat pengaruh hormon. Ya, saat Anda baru memasuki usia awal kehamilan, tubuh Anda akan mempersiapkan lingkungan yang sesuai untuk mendukung pertumbuhan bayi Anda selama 9 bulan ke depan. Peningkatan aktivitas hormon kewanitaan adalah salah satunya. Dan seringkali, peningkatan kadar hormon progesteron dan estrogen mengakibatkan efek samping, salah satunya adalah insomnia.

 
• Morning Sickness
Rasa mual akibat morning sickness memang sangat mengganggu. Terlebih lagi, terlepas dari kata “morning” di dalamnya, morning sickness dapat terjadi kapanpun bahkan saat malam hari saat Anda tengah bersiap-siap untuk tidur. Terlebih lagi jika gejala morning sickness kumat saat di tengah-tengah tidur. Bisa-bisa Anda terbangun jauh lebih awal dari seharusnya. Normalnya, gejala morning sickness ini akan berlangsung selama kurang lebih 12 minggu dari usia awal kehamilan.

 
• Sering Buang Air Kecil
Umumnya hal ini terjadi pada ibu hamil yang mencapai usia kehamilan trimester ketiga. Saat itu ukuran rahim telah membesar hingga menekan organ pernapasan dan kandung kemih. Tak hanya Anda akan mengalami sesak napas, tapi frekuensi buang air kecil Anda pun akan semakin meningkat. Meningkatnya frekuensi Anda buang air kecil pun akan terjadi saat usia awal kehamilan. Namun dalam kasus ini, hal tersebut disebabkan oleh pengaruh hormon progesteron yang mempengaruhi kelenturan dari otot dinding di organ kandung kemih.

 
Demikianlah beberapa penyebab ibu hamil terkena insomnia. Untuk mengatasi insomnia saat hamil Anda dapat mencoba memperbaiki posisi tidur Anda, yaitu dengan posisi tidur miring. Bagi Anda yang terbiasa tidur dengan posisi tengkurap, Anda perlu belajar untuk menyesuaikan diri dengan posisi tidur yang baru. Selain itu untuk mencegah terbangun di tengah malam untuk buang air kecil, jangan meminum air segera sebelum Anda tidur. Berikan jeda selama beberapa jam sebelum Anda tidur. Semoga informasi ini bermanfaat.

author
No Response

Leave a reply "Kenali Yuk Penyebab Ibu Hamil Terkena Insomnia"