Ketahui 6 Faktor – Faktor Kelahiran Dini!

No comment 1734 views

kelahiran dini

faktor kelahiran dini – Semua wanita yang sedang hamil memiliki resiko melahirkan dini atau prematur. Kelahiran dini adalah kondisi dimana anda harus melahirkan bayi yang belum cukup usianya di dalam kandungan yaitu usia dibawah 37 minggu. Kelahiran dini dipengaruh oleh banyak faktor beriku adalah faktor kelahiran dini yang wajib bunda ketahui :

Lima faktor yang menyebabkan kelahiran dini

1. Wanita Hamil Kembar Lebih Dari Dua

Kasus ibu hamil yang yang mengandung lebih dari dua janin sudah sering terjadi di dunia. Oleh karena itu, tak jarang bagi wanita hamil kembar lebih dari dua mengalami kelahiran dini. Belum ada penelitian yang akurat mengapa ibu hamil kembar lebih dari dua berpontensi lebih besar melahirkan secara dini.

2. Gaya Hidup

Gaya hidup juga sangat berpengaruh pada kualitas bayi yang akan dilahirkan. Gaya hidup wanita yang ada dikota seperti merokok, gemar begadang, menggunakan obat – obatan terlarang, stress yang terlalu tinggi dan juga faktor psikologis bisa menjadi salah satu faktor kelahiran dini. Selain itu wanita hamil yang mengalami kekerasan rumah tangga, berpenghasilan rendah dan yang memiliki penghasilan yang rendah sehingga terpaksa memebuat mereka bekerja terlalu keras juga merupakan salah satu penyebab kelahiran dini.

3. Faktor Kesehatan

Kesehatan wanita saat hamil sangat berbeda – beda. Ada yang saat tidak hamil kesehatannya sangat baik, tapi saat hamil kesehatannya menurun seperti mudah sakit. Beberapa penyakit yang bisa menyebabkan kelahiran dini adalah seperti masalah penyumbatan pembuluh darah, tekanan darah tinggi, diabetes, pendarahan pada bagian vagina dan masih banyak lagi penyakit yang bisa menyebabkan kelahiran dini.

4. Infeksi

Ada beberapa infeksi yang bisa dialami oleh wanita hamil dan bisa membahayakan pada janin yang dikandungnya. Misalnya infeksi pada vagina yang meningkatkan resiko dua kali lebih besar melahirkan secara prematur dan juga infeksi pada dinding rahim yang bisa menyebabkan bayi lahir secara prematur. Jika Anda mengalami infeksi seperti itu segera periksakan ke dokter agar mendapatakan perawatan yang lebih lanjut.

5. Ketuban Pecah Terlalu Dini

Pecah ketuban terlalu dini adalah robeknya kantung ketuban yang disebabkan oleh banyak faktor salah satunya adalah mulut rahim yang terlalu lemah sehingga tidak bisa menahan kehamilan. Pada umunya ketuban pecah sering terjadi pada masa kehamilan yang memasuki trimester ketiga. Ketuban yang pecah terlalu dini bisa menyebabkan kelahiran dini dikarenakan ibu hamil tidak merasakan mulas atau sakit saat ketuban pecah. Jika anda mengalami hal ini segera bawa kedokter untuk mendapatkan pengananan yang tepar dan aman. Dokter akan memantau perkembangan bayi Anda dari waktu ke waktu sehingga kelahirannya bisa diteruskan atau tidak.

6. Pernah Mengalami Melahirkan Bayi Prematur Sebelumnya

Resiko melahirkan bayi prematur semakin tinggi bila pada kelahiran anak sebelumnya sudah terjadi kasus yang sama. Apalagi bila pada kasus sebelumnya kelahiran dini tersebut terjadi pada waktu kurang dari usia 28 minggu kehamilan. Jadi, Anda perlu berhati-hati dengan kondisi kandungan Anda dan rajin berkonsultasi pada dokter kandungan yang menangani Anda.

Nah itulah beberapa ulasan tentang faktor kelahiran dini yang wajib dan perlu bunda ketahui. Masa kehamilan 9 bulan adalah masa – masa pertumbuhan pada kandungan sekaligus juga untuk antisipasi bagi kesehatan dan keselamatan ibu saat melahirkan. Oleh karena itu, aktivitas – aktivitas anda sehari – hari perlu diatur dengan baik agar tidak memicu kelelahan yang bisa membahayakan keselamatan anda dan janin yang anda kandung. Semoga bermanfaat. Baca juga yuk Waspadai Dan Kenali Infeksi Telinga Pada Anak!

author
No Response

Leave a reply "Ketahui 6 Faktor – Faktor Kelahiran Dini!"