Ketahui Penyakit yang Mengintai Ibu Hamil

No comment 1669 views

ibu hamil

Menjalani kehamilan menjadi hal yang menggembirakan meski harus menghadapi perubahan fisik yang cukup drastis. Perubahan ini dijalani dengan cukup menyenangkan oleh ibu hamil bahkan peran baru ini menjadi momen yang tak terlupakan.

Namun, di samping hal yang membahagiakan ini, tentu saja banyak yang harus diwaspadai terutama beberapa penyakit yang mengintai. Hal ini tentu saja cukup berbahaya untuk kesehatan wanita hamil dan perkembangan janin. Yuk, coba simak beberapa penyakit yang perlu diwaspadai ibu hamil berikut ini:

  • Tekanan Darah Tinggi atau Preeklampsia

Pada ibu hamil, tekanan darah tinggi ini biasa disebut dengan preeklampsia. Preekalmpsia ini dipicu karena adanya penebalan pada dinding arteri yang mengakibatkan aliran darah ke seluruh tubuh terhambat termasuk rahim. Tekanan darah tinggi pada ibu hamil menyebabkan risiko kelahiran bati prematur menjadi lebih tinggi.  Untuk menghindari hal tersebut, selalu penuhi kebutuhan nutrisi harian wanita hamil dan melakukan olahraga secara rutin.

  • Diabetes

Penyakit ini mengintai ibu hamil lantaran perubahan hormonal dan keinginan makan yang tidak terkontrol. Terkadang, diabetes ini juga mengintai ibu hamil yang sudah melahirkan karena saat mengandung pola makan tidak dijaga dengan baik. Untuk menghindari penyakit ini, siapkan kudapan sehat seperti buah dan sayur dan menghindari makanan yang mengandung pemanis buatan. Jika ibu hamil terkena diabetes, tentu saja si Kecil juga akan menderita diabetes sejak lahir.

  • Anemia

Saat hamil, wanita hamil dimungkinkan bisa terkena anemia karena kekurangan asupan zat besi. Anemia ini ditandai dengan wajah pucat dan sering sesak napas. Anemia ketika hamil ini dapat meningkatkan risiko kehamilan bayi prematur dan  berat badan rendah. Untuk menghindarinya, penuhilah asupan nutrisi sehat dengan baik setiap hari.

  • Mual dan Muntah Parah

Ketika memasuki trisemester pertama, biasanya ibu hamil mengeluhkan gejala morning sickness. Namun, apabila mual dan muntah diluar batas normal, tentu saja hal ini bisa membahayakan kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. Meski mual dan muntah setiap saat,  pastikan Anda tetap makan tepat waktu agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi dengan baik. Sebab, bagaimana pun juga kesehatan janin dan ibu hamil menjadi prioritas utamanya.

Nah, itulah beberapa penyakit yang perlu diwaspadai ibu hamil. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan bahwa asupan nutrisi harian wanita hamil terpenuhi dengan baik. Jangan lupa, untuk olahraga dan cukup tidur, ya!

author
No Response

Leave a reply "Ketahui Penyakit yang Mengintai Ibu Hamil"