Ketahui Perkembangan Janin Usia 20 Minggu Yuk, Moms

Perkembangan Janin Usia 20 MingguMoms, di rahim Anda kini ada bentuk kehidupan kecil yang berkembang setiap harinya. Dan tentunya Anda akan berharap yang terbaik, bahwa janin yang tengah Anda kandung ini mengalami perkembangan yang maksimal dan lancar. Dan walaupun waktu pertemuan Anda dengannya masih beberapa bulan lagi, Anda sudah dapat merasakan keterikatan dengannya melalui hasil pemeriksaan USG maupun sonogram setiap bulannya. Dan ketika usia kehamilan Anda mencapai minggu ke-20 Anda sudah mulai dapat menyaksikan perkembangan bayi Anda yang sangat pesat. Apa sakajah perkembangan janin usia 20 minggu yang layak Anda nanti-nanti?

Perkembangan janin usia 20 minggu yang terlihat paling jelas adalah bayi Anda sudah mulai dapat bergerak-gerak walaupun masih terasa lemah. Ia juga sudah memiliki jadwal yang teratur sehingga Anda dapat dengan mudah mengetahui saat-saat dimana ia paling aktif, hingga saat-saat dimana ia beristirahat.  Baca juga:Bunda, Kenali Lebih Dekat Kehamilan Dengan Placenta Previa

Kelima panca indera, seperti indera penglihatan, indera perasa, dan indera pendengaran janin pun semakin berkembang dengan baik, bahkan ia sudah mampu memproduksi zat vernix caseoda untuk meregulasi suhu di dalam rahim sehingga janin Anda tetap merasa hangat.  Kulit bayi juga sedikit demi sedikit mulai terbentuk walaupun masih sangat tipis dan sensitif. Jaringan-jaringan pembuluh darah, jaringan lemak, serta jaringan pembentuk syaraf pun sudah terbentuk pada minggu ke-20 ini.

Janin juga sudah mulai membentuk sistem imunnya sendiri. Dalam tahap ini ia paling tidak sudah memiliki tameng perlindungan terhadap kuman dan bakteri yang mengancamnya. Wajah dari bayi Anda pun sudah mulai terdefinisi dengan jelas, dan dari sinilah bayi Anda akan menunjukkan kemiripan dari orangtuanya, baik dari sisi ibu maupun ayah.

Selain itu, bayi Anda sudah mulai meminum air ketuban, dan di saat yang sama organ ginjal pun sudah terbentuk dan mulai memerankan perannya sehingga bayi pun sudah bisa mengeluarkan zat buang berupa air seni. Janin membutuhkan darah merah dalam jumlah yang meningkat pesat dibandingkan sebelumnya sehingga ia akan menyerap darah dari ibu dalam jumlah yang sangat besar. Hal tersebut menyebabkan Anda rawan terkena anemia sehingga pada usia kehamilan minggu ke-20 ini ada baiknya Anda memperbanyak asupan makanan kaya akan zat besi untuk menambah jumlah hemoglobin darah Anda.

Minggu ke-20 merupakan masa dimana organ-organ panca indera bayi Anda mengalami perkembangan yang sangat pesat. Untuk mendukung perkembangan janin Anda di masa itu, Anda wajib mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, omega 3, dan zat besi. Pemeriksaan kehamilan pun tetap harus Anda lakukan secara rutin.

Demikianlah informasi mengenai perkembangan janin usia 20 minggu. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, Bunda.

author
No Response

Leave a reply "Ketahui Perkembangan Janin Usia 20 Minggu Yuk, Moms"