Ketahui, Tanda Hamil yang Umum Terjadi

No comment 950 views

awal hamil

Memiliki seorang anak merupakan dambaan untuk semua pasangan sebagai simbol rasa cinta antara keduanya. Untuk itu, setiap wanita sebaiknya mengetahui tanda awal kehamilan yang umum terjadi. Hal ini juga berguna untuk mengetahui usia kandungan sejak dini agar bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya sejak awal. Yuk, ketahui gejala hamil berikut ini:

  • Payudara Bengkak

Perubahan pada payudara merupakan hal umum yang terjadi karena terjadinya perubahan hormon secara drastis. Selain itu, payudara akan terasa lebih sensitif selama pada trisemester pertama. Payudara akan terasa nyeri dan kesemutan untuk mulai mempersiapkan produksi ASI. Daerah aerola pun akan terlihat lebih gelap dibanding sebelum hamil.

  • Perubahan Bentuk Badan

Saat awal kehamilan, Anda harus mempersiapkan mental untuk menerima perubahan bentuk tubuh. Kenaikan hormon ini juga menyebabkan adanya perubahan pada beberapa bagian tubuh, seperti pantat, paha, dada, dan lengan akan terlihat lebih besar karena pembengkakan. Perubahan ini merupakan salah satu cara tubuh untuk beradaptasi karena beban badan semakin berat seiring perkembangan janin.

  • Sering Buang Air Kecil

Janin yang berada di dalam rahim akan menekan kandung kemih sehingga intensitas buang air kecil semakin bertambah. Selain itu, kandung kemih lebih cepat dipenuhi urine sehingga keinginan buang air kecil makin sering. Hal inilah yang menyebabkan ibu hamil sering mondar-mandir ke kamar kecil.

  • Gampang Lelah

Pada masa awal hamil ini, biasanya wanita hamil akan mudah lelah. Bahkan, ketika melihat tempat tidur, inginĀ  tiduran dan bermalas-malasan. Hal ini dikarenakan tubuh masih membutuhkan adaptasi karena adanya makhluk baru yang berada dalam rahim. Rasa lelah ini juga dipicu oleh peningkatan hormon progesteron, menurunnya kadar gula darah, dan tekanan darah.

  • Morning Sickness

Tak dipungkiri lagi, gejala ini memang sering dialami oleh wanita hamil pada awal trisemester pertama ini. Morning sickness merupakan gejala mual dan muntah sering terjadi lantaran adanya perubahan hormon tubuh.

Rasa mual ini biasanya dipicu karena membau sesuatu yang tidak disukainya. Mual ini termasuk cara tubuh untuk melindungi janin dari zat berbahaya yang ada di sekitarnya sehingga tetap aman dan terlindungi.

Nah, itulah tanda awal hamil yang harus dipahami setiap wanita. Jika Anda sudah merasakan gejala hamil, cobalah melakukan tes kehamilan sendiri terlebih dahulu dengan menggunakan test pack. Jika telah dinyatakan positif hamil, segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan. Lakukan pemeriksaan dini, ya!

author
No Response

Leave a reply "Ketahui, Tanda Hamil yang Umum Terjadi"