Ketahui Tanda Kehamilan Normal dan Sehat

No comment 1632 views

ibu hamil

Siapa sih yang tidak senang melihat perut makin membuncit? Tentu saja semua ibu hamil sangat bahagia karena makin tidak sabar untuk menanti buah hati tercinta lahir ke dunia. Segala upaya dilakukan oleh wanita hamil untuk menjaga kesehatan si Kecil seperti wajin berolahraga dan memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Lantas, tahukah Anda tanda kehamilan normal dan sehat? Saat hamil, mengetahui kondisi kehamilan adalah suatu hal yang wajib dilakukan ibu hamil. Yuk, intip tanda kehamilan normal dan sehat yang sudah dirangkum redaksi berikut ini:

  • Tekanan Darah dan Kadar Gula Ibu Hamil

Tekanan darah dan kadar gula merupakan dua parameter yang harus dipantau selama kehamilan ini. Sebab, perubahan yang drastis dari kedua hal ini akan menyebabkan gangguan pada kesehatan ibu dan janin. Tekanan darah tinggi dan terlalu rendah yang terjadi pada ibu hamil akan meningkatkan risiko kelahiran dini dan bayi lahir berat badan rendah. Kandungan kadar gula tinggi juga menyebabkan risiko terkena diabetes tipe 2 pada ibu dan janin.

  • Rahim dan Plasenta

Plasenta dan rahim menjadi dua bagian penting untuk menjaga kesehatan janin. Plasenta berfungsi untuk mensuplai sari makanan dan oksigen ke tubuh janin. Sedangkan rahim merupakan tempat untuk melindungi janin selama belum dilahirkan. Apabila kedua hal ini tidak diperhatikan dengan serius, maka dapat meningkatkan risiko keguguran.

  • Pertumbuhan Janin

Untuk memantau pertumbuhan janin, Anda bisa menggunakan USG yang sudah disediakan di rumah sakit. USG ini tak hanya memperlihatkan kondisi fisik janin saja, tetapi juga memantau hal-hal yang mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin.

  • Berat Badan Ibu Hamil

Biasanya, ibu hamil mengalami kenaikan berat badan sebanyak 13 kg hingga 15 kg. Namun, apabila selama hamil ini tidak mengalami kenaikan maupun berat badan terlalu melonjak tajam harus diwaspadai karena bisa mengganggu perkembangan janin. Untuk itu, konsumsilah menu sehat ibu hamil agar janin tetap sehat.

  • Pergerakan Janin

Ketika janin mulai bergerak-gerak dalam perut, tentu saja menjadi hal yang membahagiakan ibu hamil. Gerakan janin ini juga menunjukkan bahwa janin cukup oksigen sehingga Anda tak perlu mengkhawatirkan kesehatannya.

Beberapa hal di atas harus benar-benar diperhatikan agar janin tetap sehat dan persalinan bisa berjalan normal. Pastikan bahwa ibu hamil selalu memenuhi kebutuhan nutrisinya dan cukup istirahat, ya!

author
No Response

Leave a reply "Ketahui Tanda Kehamilan Normal dan Sehat"