Ketahui Tanda-Tanda Awal Kehamilan yang Sering Terjadi

early-pregnancy-signs-2160x1200

Kehamilan adalah suatu peristiwa yang hingga saat ini dianggap istimewa oleh kebanyakan orang. Kehadiran anak memang merupakan salah satu karunia terbesar sehingga tidak mengherankan jika banyak pasangan yang baru saja menikah ingin segera melengkapi kebahagiaan rumah tangga mereka dengan kehadiran anak. Namun, para pasangan muda sering luput dalam mengetahui tanda-tanda awal kehamilan. Padahal hal tersebut sangatlah penting agar Anda dapat mulai menyusun agenda pola makan sehat untuk mendukung kehamilan sehat. Apa saja tanda-tanda awal kehamilan yang sering terjadi tapi sering terabaikan?
• Sering Buang Air Kecil
Kebanyakan orang mengasosiasikan mual dan muntah sebagai tanda kehamilan. Tapi sebenarnya ada tanda-tanda awal kehamilan yang sering terjadi yang lain, salah satunya adalah frekuensi buang air kecil yang meningkat. Penyebab dari seringnya Anda buang air kecil adalah karena kondisi kandung kemih yang tertekan oleh rahim yang membesar dengan janin yang berada di dalamnya
• Indera Penciuman Menjadi Makin Tajam
Saat Anda hamil, tubuh Anda memproduksi hormon progesteron dan estrogen dalam jumlah yang sangat besar untuk mengakomodasi calon bayi Anda. Pergolakan hormon tersebut menyebabkan beberapa perubahan yang sangat terasa, salah satunya adalah indera penciuman Anda yang jadi jauh lebih tajam dan sensitif dari biasanya.

Bau-bauan yang tajam dan menyengat seperti bau sampah, bau keringat, bau parfum, dan bau masakan akan lebih mudah membuat Anda merasa mual, bahkan mengganggu nafsu makan Anda. Apabila hal tersebut sangat mengganggu aktivitas sehari-hari yang Anda lakukan, sangat disarankan untuk membawa air mint, lemon atau air dari tanaman citrus lainnya yang memiliki aroma segar untuk membantu mengatasi rasa mual.
• Konstipasi
Konstipasi bisa terjadi akibat banyak hal, dan seringkali disebabkan oleh kurangnya asupan serat dalam makanan Anda. Tapi, konstipasi juga bisa menjadi gejala kehamilan. Gejala konstipasi disebabkan oleh pengaruh hormon yang menyebabkan melambatnya sistem metabolisme tubuh. Satu-satunya cara untuk meringankan gejala konstipasi ini adalah dengan memperbanyak konsumsi sayuran segar dan buah-buahan. Serta, jangan lupa untuk menyantap buah-buahan dan meningkatkan konsumsi air.
• Mudah Kelelahan
Kondisi tubuh yang mudah sekali merasa kelelahan terlepas dari aktivitas yang sedikit bisa jadi merupakan tanda dari kehamilan. Untuk menyambut kehamilan, tubuh Anda bekerja lebih keras dari biasanya dengan memproduksi hormon lebih banyak sekaligus mengkondisikan rahim sebagai ‘rumah’ bayi selama 9 bulan. Sehingga tidak mengherankan jika hal tersebut membuat Anda merasa sangat mudah kelelahan.
Demikianlah tanda-tanda awal kehamilan yang sering terjadi. Tentu saja satu-satunya cara untuk mengetahui secara pasti tentang hamil tidaknya Anda adalah dengan mengujinya dengan test pack. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Ketahui Tanda-Tanda Awal Kehamilan yang Sering Terjadi"