Lakukan 4 Gerakan Senam Ini Untuk Permudah Persalinan

olahraga ibu hamil

Halo, adakah keluhan yang mulai Ibu rasakan selama kehamilan ini? Kehamilan memang berpengaruh pada perubahan fisik seorang wanita. Oleh karena itu, senam hamil disarankan untuk rutin dilakukan agar kondisi tubuh tetap fit sehingga wanita hamil semangat beraktivitas.

Senam yang tepat mampu mengurangi lebam pada persendian Ibu hamil. Hal itu, memang umum terjadi saat kehamilan karena beban tubuh semakin berat. Senam hamil juga mampu menciptakan kondisi rileks, mengatasi kecemasan, mengurangi risiko stres dan tentu bisa mempermudah jalannya persalinan yang sudah ada di depan mata, Bu.

Beberapa gerakan senam hamil berikut ini bisa membantu memperlancar jalannya persalinan. Gerakan yang mudah tentu gampang Ibu ikuti. Ayo Bu, semangat lakukan beberapa senam hamil berikut ini:

  • Senam Kegel

Senam perenggangan yang bertujuan untuk menguatkan otot panggul wanita hamil. Selain panggul, penguatan otot sekitar uretra, kandung kemih, rektum, dan rahim bisa dilakukan dengan senam ini agar persalinan menjadi lebih mudah.

Gerakan senam kegel bisa dilakukan dengan posisi duduk maupun berdiri dengan durasi sekitar 3-10 detik saja. Lakukan latihan ini secara rutin 4 kali dalam satu hari.

  • Jalan kaki

Olahraga yang terbilang sangat mudah ini bisa membantu posisi janin agar masuk ke jalur lahir. Jalan kaki ini dianjurkan sejak awal trisemester ketiga dan sebaiknya rutin dilakukan. Dengan begitu, persalinan normal bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan wanita hamil.

  • Senam jongkok

Dimulai dari posisi berdiri dan secara perlahan menurunkan badan sampai posisi jongkok. Tahan posisi jongkok tersebut selama 10 detik dan kembali lagi ke posisi semula. Gerakan senam hamil ini membantu menguatkan otot paha dan perenggangan otot panggul yang berguna untuk memperlancar persalinan.

  • Pose Tailor

Pose tailor disebut juga dengan posisi kupu-kupu dalam senam yoga. Mulai dengan duduk di lantai dan punggung lurus dengan kedua telapak kaki saling menyentuh rapat. Dorong lutut ke arah bawah hingga menyentuh lantai.

Lakukan senam hamil ini 10-20 detik dan ulangi 4-5 kali dalam seminggu. Latihan ini berfungsi untuk melatih otot paha dan menghilangkan stres punggung bawah karena beban kehamilan yang semakin besar.

Nah, itulah 4 gerakan senam hamil yang mudah Ibu praktikkan di rumah. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan senam hamil agar kesehatan janin tetap terjaga. Rutin berolahraga tentu membuat Ibu lebih sehat dan siap menghadapi persalinan. Semangat, Bu.

 

author
No Response

Leave a reply "Lakukan 4 Gerakan Senam Ini Untuk Permudah Persalinan"