Macam-Macam Olahraga Untuk Ibu Hamil

No comment 739 views

Masa kehamilan adalah masa yang sangat membahagiakan bagi setiap pasangan yang telah lama mengidamkan kehadiran buah hati, dan ketika dokter kandungan Anda mengabarkan berita baik bahwa Anda positif hamil mulailah perjalanan Anda dalam merawat janin Anda untuk kehamilan yang sehat. Kehamilan yang sehat tidak hanya ditentukan dari asupan makanan yang Anda konsumsi, olahraga juga merupakan metode untuk mencapai masa kehamilan yang sehat. Kira-kira apa sajakah manfaat dan jenis olahraga untuk ibu hamil?

Masyarakat modern untungnya telah lama mengetahui berbagai macam manfaat yang diberikan dari olahraga untuk ibu hamil. Walaupun saat Anda mengandung Anda akan disarankan untuk tidak melakukan aktivitas fisik yang berlebihan bukan berarti Anda harus membatasi aktivitas olahraga Anda dengan makan dan tidur saja.

Pola hidup yang tidak sehat tersebut dapat mengakibatkan berbagai macam gangguan selama masa kehamilan, seperti gangguan mood yang juga disebut dengan mood swing, hingga obesitas yang berbahaya baik bagi Anda maupun janin yang sedang Anda kandung. Selain itu, dengan tidak melakukan aktivitas apapun selama hamil akan mengakibatkan kondisi stamina menurun dengan drastis sehingga menyebabkan ibu gampang sakit. Sedangkan ketika Anda memasuki masa melahirkan Anda akan memerlukan stamina yang tangguh agar persalinan dapat berlangsung dengan lancar.

Olahraga bagi ibu hamil memiliki berbagai macam manfaat, di antaranya untuk menjaga kondisi tubuh Anda agar tetap kuat selama masa kelahiran. Selain itu, olahraga juga melatih otot-otot perut menghasilkan kontraksi yang kuat sehingga akan sangat membantu proses persalinan Anda. Ketika Anda hamil, Anda akan mengalami pergolakan hormon di dalam tubuh. Ketidakseimbangan hormon tersebut akan mempengaruhi suasana hati Anda sehingga Anda akan mengalami mood swing, rasa cemas, bahkan stres.

Namun gangguan mood tersebut sebenarnya dapat ditanggulangi dengan berolahraga. Olahraga akan membantu tubuh mengeluarkan senyawa hormon endorphine yang akan membuat mood Anda menjadi lebih tenang dan santai. Olahraga juga dapat membantu mencegah terjadinya obesitas selama masa kehamilan dan membantu Anda mendapatkan kembali bentuk tubuh Anda setelah melahirkan anak Anda.

Namun demikian, bukan berarti Anda dapat mengambil  semua jenis olahraga, karena jika Anda memilih jenis olahraga yang berbahaya maka alih-alih mendapatkan masa kehamilan yang membahagiakan dan sehat, Anda justru dapat mengancam keselamatan janin Anda. Jenis-jenis olahraga ringan dan aman sekaligus menyehatkan untuk ibu hamil yaitu antara lain olahraga yoga, berenang, olahraga aerobik air, dan berjalan santai selama 30 menit.

author
No Response

Leave a reply "Macam-Macam Olahraga Untuk Ibu Hamil"