6 Manfaat Buah Pisang, Gizi Untuk Ibu Hamil

pisang

Hai Ibu, apa ibu doyan makan buah pisang? Bagi Ibu yang hobi makan buah pisang sebelum hamil, kebiasaan ini bisa berlanjut meskipun ibu sedang hamil. Kandungan dalam buah pisang bisa membantu untuk memenuhi gizi ibu hamil.

Pisang merupakan buah yang kaya nutrisi sehingga konsumsi pisang saat mengandung memang perlu ditingkatkan untuk memenuhi gizi ibu hamil. Pisang mengandung nutrisi bermanfaat seperti vitamin B6, lemak, karbohidrat, dan sebagainya. Nah, ingin tahu lebih banyak tentang manfaat buah pisang untuk ibu hamil? Simak penjelasan berikut ini:

1. Memenuhi Kebutuhan Energi

Energi yang ekstra diperlukan untuk pertumbuhan janin dan produksi plasenta. Ibu hamil membutuhkan sekitar 1500 kJ energi dalam sehari. Dengan mengonsumsi dua buah pisang sehari, gizi ibu hamil dapat terpenuhi sekitar 1000 kJ energi. Selain itu, dua buah pisang mendukung energi ibu hamil dalam bentuk lemak bebas dan membuat tubuh ibu hamil tetap bugar.

2. Sebagai Asupan Karbohidrat

Pisang merupakan sumber karbohidrat yang sangat baik karena terbentuk dari gula alami dan sedikit pati. Oleh karena itu, pisang baiknya dikonsumsi lebih sering saat hamil. Energi ibu hamil bersumber dari karbohidrat, protein, dan sedikit lemak.

3. Sebagai Asupan Protein

Protein dibutuhkan selama masa kehamilan untuk mendukung pertumbuhan sel baru pada ibu hamil dan bayi, terutama pada trisemester dua dan tiga. Sekitar 14 gram protein dibutuhkan oleh ibu hamil dan dapat dipenuhi dengan mengonsumsi telur, roti, dan pisang.

4. Kaya akan Vitamin B6

Pisang mengandung vitamin B6 yang dapat membantu sistem saraf pusat bayi untuk dapat mengoodinasikan kegiatan selama perkembangan. Vitamin B6 dari pisang juga akan membantu ibu hamil dan janin untuk mengirimkan oksigen ke seluruh jaringan hemoglobin. Jumlah asupan vitamin B6 yang dianjurkan per hari bagi ibu hamil adalah 1,9 miligram. Satu buah pisang ukuran sedang mengandung 0,4 miligram atau memenuhi 21 persen dari kebutuhan harian ibu hamil.

5. Membantu Diare dan Sembelit

Selain morning sickness, biasanya ibu hamil sering merasakan diare atau sembelit. Ibu hamil bia mengonsumsi buah pisang untuk memperlancar BAB. Pisang yang mengandung serat dan pektin ini bisa menyerap kelebihan air dalam tubuh. Kalium dalam pisang bisa membantu mengatasi kram usus yang terkadang menyertai diare. Pisang memang sudah lama menjadi buah yang bermanfaat dan memiliki banyak keunggulan.

6. Sumber Potassium

Potassium sangat penting untuk kehamilan. Kebutuhan harian akan potassium sekitar 4.700 mg untuk ibu hamil dan Anda bisa mendapatkan 9% dari angka kebutuhan tersebut dalam sebuah pisang ukuran medium. Manfaat potassium sendiri adalah mengurangi rasa sakit di kaki yang kerap muncul ketika hamil dan mengurangi terjadinya pembengkakan.

Nah, itulah manfaat pisang yang dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil. Sebaiknya, ibu hamil rajin untuk mengonsumsi pisang sebagai makanan tambahan.

author
No Response

Leave a reply "6 Manfaat Buah Pisang, Gizi Untuk Ibu Hamil"