Melahirkan Normal VS Operasi Caesar, Mana Yang Terbaik?

normal vs caesar

melahirkan normal – Halo para wanita yang sedang membaca artikel ini, barangkali beberapa dari Anda yang membaca tulisan ini sedang menjalani sebagai ibu hamil, tentu saja proses melahirkan sang buah hati adalah saat yang Anda tunggu-tunggu bukan? Tapi mungkin Anda bingung proses persalinan apa yang Anda mau pilih, melahirkan normal atau melahirkan dengan cara operasi caesar?

Mungkin Anda mendengar banyak rumor yang mengatakan bahwa melahirkan dengan cara normal itu lebih baik dari pada operasi caesar. Sebab kodrat dari wanita memang seharusnya melahirkan normal. Karena proses melahirkan normal dianggap proses yang sesuai dengan apa yang ada di kitab suci. Memang hal itu ada benarnya, namun bukan berarti operasi caesar itu juga salah. Bagi Anda yang hendak mempersiapkan proses melahirkan dengan membaca ini Anda akan mempunyai pilihan yang tepat, apakah Anda harus melahirkan normal atau dengan operasi caesar.

Proses Persalinan

Di dalam proses persalinan memang operasi caesar menjadi opsi yang lebih mudah daripada melahirkan normal, tapi jika Anda memiliki kemampuan untuk melahirkan secara normal, maka lebih baik Anda melakukan persalinan normal, karena sebenarnya operasi caesar diperuntukkan bagi ibu hamil yang memiliki kondisi tertentu yang tidak memungkinkan atau membahayakan dirinya dalam melakukan proses melahirkan normal. Lalu sebenarnya keadaan seperti apa yang tepat untuk seorang wanita melakukan operasi caesar dalam proses persalinan? Simak di sini informasinya!

Proses Operasi Caesar

Operasi caesar adalah proses dalam mengeluarkan bayi dengan cara membuka perut ibu yang hamil tersebut bukan melalui vagina atau mulut rahim sebagaimana proses melahirkan normal terjadi. Sebelum perut dibedah maka dokter akan melakukan pembiusan terlebih dahulu sehingga daerah perut menjadi mati rasa dan tidak akan merasakan sakit ketika perut disayat untuk mengeluarkan bayi.

Selain itu dokter juga akan memberikan semacam obat penenang agar pikiran sang ibu menjadi lebih tenang dan tidak stress saat dokter melakukan persalinan. Itulah proses persalinan melalui operasi caesar secara singkat yang bisa kami ulas untuk Anda. Kemudian untuk pertanyaan di atas, kapan saat yang tepat atau kondisi seperti apa yang cocok bagi seorang ibu melakukan operasi caesar? Berikut ini beberapa alasan seorang ibu harus melakukan operasi caesar:

  • Ukuran bayi terlalu besar, tetapi ukuran panggul sang ibu kecil
  • Bayi sedang menderita kelainan contohnya spina bifida
  • Kepala janin ada pada posisi yang tidak tepat
  • Sang ibu hamil memiliki penyakit jantung atau kondisi penyakit yang lain yang akan memburuk ketika melahirkan normal
  • Ada penurunan suplai darah pada plasenta sebelum proses melahirkan, sehingga menyebabkan bayi lahir dengan tubuh yang kecil dan lemah
  • Plasenta menghalangi leher rahim
  • Ada luka yang terbuka karena infeksi herpes
  • Sang ibu terkena virus HIV
  • Ada lebih dari satu janin dan kondisi kehamilan yang rumit

Jika Anda tidak memiliki kondisi-kondisi di atas maka melahirkan normal adalah pilihan yang seharusnya Anda ambil, karena memang melahirkan secara normal itu lebih baik karena sebenarnya efek dari melahirkan secara caesar memiliki efek samping yang lain dan kekurangan-kekurangan yang berdampak pada ibu tersebut. Jadi memang proses melahirkan normal jauh lebih sehat dan banyak manfaatnya bagi ibu itu sendiri maupun bagi sang janin, karena dengan perjuangan sang ibu melahirkan normal dan sang bayi yang keluar dengan perjuangannya membuat 2 sosok ini menjadi lebih kuat secara fisik dan mental.

Demikian ulasan kami mengenai melahirkan normal vs melahirkan secara caesar, kenali kondisi tubuh Anda saat hamil dan janin Anda untuk memutuskan proses persalinan mana yang sesuai dan cocok untuk kondisi Anda saat ini agar sang ibu hamil dan bayi sama-sama dalam keadaan yang terbaik.

Lihat juga artikel terkait di bawah ini!

Tips Melahirkan Normal Dan Terhindar Dari Luka Jahitan!

Gangguan Kesuburan : 6 Penyebab Wanita Susah Untuk Hamil!

Resiko Prosedur Bayi Tabung Yang Harus Anda Ketahui!

author
No Response

Leave a reply "Melahirkan Normal VS Operasi Caesar, Mana Yang Terbaik?"