Memecahkan Mitos Dibalik Ibu Hamil Dilarang Mewarnai Rambut

gambar1

fakta mewarnai rambut saat hamil – Setiap benda yang banyak mengandung bahan kimia apabila dioleskan pada kulit ibu hamil bisa terserap tubuh melalui pori – pori kulit. Termasuk juga apabila ibu hamil mewarnai rambut meskipun sedikit bahan kimia yang berasal dari pewarna rambut dapat diserap oleh tubuh. Hal – hal seperti ini yang dapat menyebabkan mitos bahwa mewarnai rambut dalam masa hamil dapat menyebabkan tumbuh kembang janin yang ada dalam kandungan.

Mitos lain mengatakan bahwa mewarnai rambut pada ibu hamil dapat menyebabkan kelainan pada bayi sejak dia pertama lahir. Apakah hal tersebut benar ? berikut adalah fakta mewarnai rambut saat hamil :

Hal – hal mengenai mewarnai rambut pada ibu hamil

  • Syarat sebelum mewarnai rambut

– Tunggu hingga usia kehamilan memasuki trimester kedua

Banyak dokter yang menyarankan agar mewarnai rambut pada ibu hamil saat memasuki trimester kedua. Mengapa disaran pada waktu kehamilan trimester kedua ? jawabannya adalah karena pada usia seperti ini tubuh ibu hamil masih banyak perubahan. Karena apabila ibu hamil mewarnai rambut pada usia kandungan lebih muda hal tersebut dapat menyebabkan alergi karena perubahan hormon yang masih belum beradaptasi.

– Lakukan pewarnaan ditempat yang memiliki sirkulasi udara

Hal ini dilakukan adalah dengan tujuan agar ibu hamil tidak menghirup aroma pewarna rambut dengan banyak karena pada umumnya ibu hamil sangat sensitif terhadap aroma yang menyengat.

– Jangan membiarkan pewarna rambut berada lama di kepala dan melampaui aturan pemakaian yang disarankan dalam kemasan

– Cucilah rambut dengan bersih agar pewarna rambut tidak tersisa di kepala

– Gunakanlah sarung tangan saat melakukan pewarnaan

– Sebelum membeli pewarna rambut perhatikan dengan jelas zat apa saja yang ada didalam pewarna rambut tersebut

– Sebelum melakukan pewarnaan rambut ibu hamil disarankan untuk melakukan tes alergi dengan cara meneteskan cairan pewarna ke kulit dan tunggu beberapa saat. Apabila tidak mengalami alergi anda dapat melakukan pewarnaan rambut tapi jika anda alergi sebaiknya anda tidak melakukan pewarnaan karena hal tersebut dapat berdampak buruk bagi janin yang anda kandung

  • Alternatif pewarna rambut

Mewarnai rambut pada masa kehamilan memanglah aman tapi jika anda masih ragu anda dapat menggunakan pewarna rambut dari bahan – bahan alami.

  • Gunakan pewarna rambut temporer

Pewarna rambut temporer sangat aman bagi ibu hamil karena kadar zat kimia yang sedikit dan praktis selaen itu juga apabila dicuci dengan shampo warnanya akan cepat hilang sehingga anda dapat berganti warna rambut kapan saja.

  • Pilihlah proses highlights saat pewarnaan rambut

Proses hightlights adalah proses mewarnai beberapa bagian rambut dengan warna permanen. Proses highlights ini juga aman bagi ibu hamil karena pada proses pewarnaannya tidak sampai mengenai kulit kepala.

  • Gunakan pewarna rambut alami

Jika anda takut dengan dampak yang ditimbulkan dengan pewarna yang berbahan kimia anda dapat menggantinya dengan pewarna alami seperti henna. Henna merupakan pewarna rambut alami yang sangat aman digunakan khususnya bagi ibu hamil.

Nah, itulah beberapa fakta mewarnai rambut saat hamil jadi bagi para ibu yang sedang hamil janganlah takut jika ingin mewarnai rambut karena zat kimia yang terkandung dalam pewarna rambut tidaklah berbahaya bagi perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. Baca juga 4 Mitos Yang Harus Dihindari Dalam Merawat Bayi Baru Lahir

 

author
No Response

Leave a reply "Memecahkan Mitos Dibalik Ibu Hamil Dilarang Mewarnai Rambut"