Mengapa Sering Merasa Tegang Pada Perut Saat Hamil?

Tegang Pada Perut Saat Hamil

Selama masa kehamilan, Anda akan merasakan berbagai macam perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuh Anda. Sebagian besar dari perubahan-perubahan tersebut terasa sedikit mengganggu terutama saat usia kehamilan trimester pertama, walaupun tentu saja keluhan-keluhan yang Anda rasakan adalah suatu hal yang normal. Salah satu gejala yang cukup sering dialami oleh ibu hamil adalah perut yang terasa tegang padahal tanggal persalinan masih cukup jauh. Lalu mengapa sering merasa tegang pada perut saat hamil?

Pertanyaan “mengapa sering merasa tegang pada perut saat hamil?” pastinya terbersit pada pikiran Anda karena jauh di dalam hati Anda, Anda merasa sedikit waswas. Apakah rasa tegang pada perut tersebut adalah hal yang normal, atau hal tersebut merupakan pertanda bahwa kemungkinan besar janin yang sedang Anda kandung berada dalam bahaya?  Baca juga: Bunda Wajib Tahu Tips Perawatan “Miss V” Pasca Melahirkan

Penyebab dari kram perut tersebut sebenarnya beraneka ragam, sehingga kram perut yang Anda rasakan tidak selalu merupakan pertanda adanya penyakit yang mengancam janin. Namun untuk mengetahuinya Anda perlu sangat jeli dalam membedakan antara nyeri perut yang normal dan tidak normal.

Sebagai contoh, jika Anda merasakan nyeri pada bagian perut saat usia kehamilan trimester pertama tanpa ada gejala-gejala lain, maka Anda dapat bernapas lega. Karena kram perut tersebut merupakan efek dari peningkatan hormon progesteron di dalam tubuh dalam rangka mempersiapkan tubuh Anda untuk kehadiran si kecil.

Akan tetapi jika rasa nyeri perut tersebut diikuti dengan gejala-gejala lain seperti pendarahan dalam skala yang cukup besar maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter karena bisa jadi Anda terkena kehamilan entropi yang dapat membahayakan nyawa Anda.

Dan rasa nyeri perut tersebut pun akan tetap rasakan hingga trimester kedua. Di usia kehamilan ini Anda akan cukup sering merasakan nyeri baik pada bagian kanan maupun bagian kiri dari perut bagian bawah. Rasa nyeri tersebut disebabkan oleh peregangan jaringan tali yang menahan rahim pada dinding perut atau ligamentum mengalami penegangan. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena hal tersebut merupakan hal yang normal dan yang perlu Anda lakukan hanyalah beristirahat dengan keadaan serileks mungkin.

Jadi, mengapa sering merasa tegang pada perut pada saat hamil? Penyebabnya bisa saja sebagai efek dari aktivitas hormon kehamilan di awal kehamilan atau bisa juga sebagai pertanda bahwa Anda membutuhkan pertolongan medis dengan segera, yang seringkali ditandai juga dengan berbagai macam gejala seperti pendarahan yang cukup parah (kehamilan entropi), atau rasa nyeri yang menjalar hingga ulu hati (preeklampsia).

author
No Response

Leave a reply "Mengapa Sering Merasa Tegang Pada Perut Saat Hamil?"