Perut Tetap Kecil Meski Usia Kehamilan Memasuki Tahap Akhir? Ini Sebabnya!

 

perut ibu hamil kecil

Ibu hamil – Secara normal seiring bertambahnya usia kehamilan, maka perut akan semakin membesar. Namun ternyata ada pula ibu hamil yang memiliki kondisi yang tidak biasanya pada perutnya. Kondisi adalah di mana ketika sudah memasuki tahap akhir usia kehamilan namun ukuran perut masih tetap kecil. Apakah ini normal? Apakah ada kelainan pada janin? Mungkin itu yang menjadi pertanyaan Anda, atau bahkan Anda sedang mangalami kondisi tersebut saat ini.

Sebenarnya kondisi perut yang masih terlihat kecil saat memasuki tahap akhir tidak perlu dikhawatirkan selama tidak menunjukkan gejala yang berbahaya, seperti gerakan janin yang melambat atau bahkan tidak bergerak sama sekali, jika ini yang terjadi maka inilah yang harus diwaspadai.

Namun sebenarnya apa yang menyebabkan ukuran perut masih terlihat kecil walaupun sudah menginjak usia kehamilan di tahap akhir. Kami akan memberikan informasi mengenai penyebab dari kondisi ini. Langsung saja simak informasi berikut ini!

Faktor Genetik

Ternyata kondisi ini bisa jadi dipengaruhi oleh genetik atau faktor keturunan.

 

Gangguan Plasenta

Faktor lain yang bisa menjadi penyebab kondisi ini adalah gangguan pada plasenta. Kondisi ini bisa disebabkan oleh penyakit pada organ hati dan tekanan darah.

 

Gaya Hidup Yang Tidak Sehat

Bisa jadi sebelum mengalami kehamilan, seseorang itu melakukan gaya hidup yang tidak sehat. Biasanya kebiasaan buruk tersebut contohnya : merokok dan meminum minuman keras yang mengandung alkohol. Sehingga kandungan zat kimia tersebut dapat menyebabkan gangguan pada berat badan janin.

 

Faktor Usia

Faktor Usia juga mempengaruhi ukuran perut hamil. Jika ibu hamil pada usia 18 tahun atau di atas 35 tahun bisa beresiko untuk mengalami kondisi ini. Bisa jadi nutrisi dari ibu yang mengonsumsi makanan tidak sampai kepada masuk kepada janin atau terhambat karena sirkulasi darah terganggu yang disebabkan karena usia.

Demikian beberapa faktor penyebab ibu hamil dengan ukuran perut yang kecil ketika memasuki usia kehamilan akhir. Yang penting di sini ialah ibu hamil wajib menjaga kesehatan, baik sebelum hamil, maupun saat hamil. Karena jika ibu yang hamil sehat otomatis janin pun akan sehat. Jagalah kesehatan dengan pola hidup yang sehat, mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi dan olahraga yang cukup dan teratur.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda terutama Anda yang sedang hamil atau berencana memiliki anak, agar anda selalu waspada akan gangguan pada kehamilan yang bisa terjadi kapan saja.

Baca juga artikel terkait lainnya di bawah ini!

Gangguan Kesuburan : 6 Penyebab Wanita Susah Untuk Hamil!
Melahirkan Normal VS Operasi Caesar, Mana Yang Terbaik?
Resiko Prosedur Bayi Tabung Yang Harus Anda Ketahui!
author
No Response

Leave a reply "Perut Tetap Kecil Meski Usia Kehamilan Memasuki Tahap Akhir? Ini Sebabnya!"